Kalibrasi Baterai Laptop di GNU/Linux Menggunakan TLP

Apakah kamu pernah mengalami baterai yang tiba-tiba boros padahal kesehatan baterainya terukur cukup sehat atau masih 100% ?

Mungkin saja baterai yang kamu gunakan mengalami masalah dan harus dilakukan kalibrasi ulang untuk mengetahui kesehatan baterai yang saat ini secara realtime. Di Windows sendiri kamu bisa menggunakan Lenovo Ventage, aplikasi kalibrasi khusus laptop Lenovo.

Untuk kamu pengguna GNU/Linux kamu bisa menggunakan aplikasi bernama TLP yang cukup multiplatfrom, artinya kamu bisa menginstall aplikasi ini di semua laptop berbasis GNU/Linux.

Apa itu TLP ?

TLP merupakan sebuah aplikasi opensource yang dapat digunakan sistem operasi GNU/Linux, berfungsi untuk melakukan management daya baterai pada laptop. Aplikasi ini berbasis CLI sehingga konfigurasinya harus menggunakan perintah di terminal.

Ada beberapa fitur menarik yang diberikan oleh TLP, diantaranya :

  • Kalibrasi baterai
  • Melihat detail kesehatan baterai
  • Memutus arus listri ketika baterai sudah penuh
  • Menentukan persentase baterai untuk berhenti mengisi daya
  • Dan lain-lain

Studie Kasus

Pada pembahasan ini kita akan mencoba untuk melakukan kalibrasi baterai laptop, disini saya menggunakan laptop Thinkpad X250 dengan baterai intenal dan external. Sistem Operasi yang digunakan Manjaro Linux dan yang akan di uji adalah baterai internal.

Installasi

Berikut perintah installasi TLP dari beberapa distro GNU/Linux yang bisa kamu sesuaikan.

Arch/Manjaro

pacman -S tlp tlp-rdw

Fedora

dnf install tlp tlp-rdw

Ubuntu

Tambahkan terlebih dahulu repository untuk TLP tersebut, update repo dan install.

sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp
sudo apt update
sudo apt install tlp tlp-rdw

Setelah berhasil menginstall, selanjutnya aktifkan service dari TLP tersebut.

sudo systemctl enable tlp.service

Jalankan TLP dengan perintah berikut

sudo tlp start

Mengecek Kondisi Baterai

Sebelum melakukan kalibrasi kita coba check terlebih dahulu apakah baterai dan laptop yang kita miliki support untuk melakukan kalibrasi atau tidak. Kita bisa tahu juga kondisi realtime baterai yang kita gunakan dengan berintah ini.

 sudo tlp-stat -b  

Hasilnya akan muncul seperti berikut :

Hasil dari perintah tlp-stat -b

Disini saya menggunakan dual baterai dengan ditulis BAT0 untuk baterai internal dan BAT1 untuk baterai eksternal. Untuk laptop yang support untuk kalibrasi akan ditandai dengan tulisan active (recalibration) pada apci_call.

Untuk yang tidak support akan muncul tulisan not support, tapi ada juga kasus dimana apci_call nya belum terinstall maka disana akan ditandai Not Install. Maka kita bisa menginstallkan apci_call nya.

Bagian Capacity merupakan kapasitas baterai sekarang yang kamu gunakan, berapa persen yang masih cukup sehat dari baterai tersebut.

Kalibrasi Baterai

Selanjutnya melakukan kalibrasi baterai, pastikan charger dalam kondisi terpasang ke dalam laptop. Ini dikarenakan ketika baterai yang kita gunakan akan dikuras habis sampai pada titik 0% setelah itu laptop akan otomatis melakukan charger kembali.

Untuk melakukan kalibrasi kita dapat menggunakan perintah tersebut.

sudo tlp recalibrate BAT0

BAT0 atau BAT1 bisa disesuaikan dengan baterai mana yang akan kamu kalibrasi, tapi umumnya laptop memiliki 1 baterai sehingga kamu bisa langsung samakan dengan perintah diatas.

Tunggu proses kalibrasi, ini akan memakan waktu yang lama terutama jika baterai kamu sedang dalam kondisi penuh. Kamu bisa melakukan kalibrasi sambil melakukan aktifitas seperti biasanya di laptop.

Proses kalibrasi selesai

Setelah kalibrasi berhasil dilakukan maka akan muncul tulisan seperti diatas dan baterai akan mulai diisi kembali dari 0%. Sebagai saran kamu bisa isi sampai bateai full untuk memaksimalkan hasil kalibrasi yang sudah kamu lakukan.

Apabila kalibrasi gagal, maka akan muncul seperti dibawah ini. Dan perlu dicheck kembali issue yang muncul atau kamu bisa mengulangi proses kalibrasi kembali.

Proses kalibrasi gagal

Setelah Proses Kalibrasi

Setelah melakukan proses kalibrasi kamu bisa mengecek kembali baterai dengan menggunakan perintah sebelumnya.

 sudo tlp-stat -b  

Kamu bisa bandingkan berapa persen baterai yang kamu gunakan sekarang setelah kalibrasi dengan sebelum dilakukan kalibrasi dan apakah ada perubahan setelah itu.

Pengalaman saya sendiri setelah kalibrasi, batera jadi lebih actual dari segi persentase baterai dan juga prediksi akan habis dalam berapa jam/menit.

Kesimpulan

Dari hasil kalibrasi yang sudah saya lakukan, ada perubahan yang muncul yaitu terkait dengan persentase dan prediksi berapa lama penggunaan baterai. Bagi kamu yang mengalami masalah dengan baterai di GNU/Linux bisa coba menggunakan TLP tersebut. Terima Kasih

Referensi

  • https://linrunner.de/tlp/introduction.html
  • Forum Thinkpad Indonesia
Tresna Widiyaman
Latest posts by Tresna Widiyaman (see all)
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments