Mengenal RavynOS “MacOS versi OpenSource”

Pernahkah kalian berpikir, apakah ada sistem operasi yang memiliki base system yang sama dengan MacOS tapi berbasis opensource ?

Mungkin ini salah satu yang mengganjal di pikirkan saya, sebelumnya saya sempat berpikiran “apakah ada ya MacOS yang bisa di install di hardware yang bukan buatan apple ?

Setelah saya mencari referensi, pada akhirnya menemukan 2 jawaban yaitu Hackintosh dan RavynOS.

Tapi sayangnya Hackintosh ini tidak support ke semua laptop, hanya beberapa laptop yang punya hardware tinggi dan juga terkenal seperti thinkpad dll. Ditambah hackintos ini ilegal karena kita melakukan porting hardware firmware pada MacOS yang sebenarnya tidak support (pembajakan).

Mengenal RavynOS

Akhirnya saya mencari tahu dan membaca referensi mengenai RavynOS.

RavynOS adalah Project free opensource dimana setiap orang boleh menggunakan maupun ikut mengempakan aplikasi tersebut. Project ini menggunakan basic system yang sama dengan MacOS yaitu FreeBSD meskipun MacOS sendiri menggunakan turunan FreeBSD yaitu Darwin.

Fitur RavynOS

Ada beberapa fitur yang mereka sedang kembangkan saat ini mulai dari clean design, global menu, dll. Untuk tahu lebih detailnya, kamu bisa check di alamat website resminya https://airyx.org

Jika saya lihat projectnya cukup menjanjikan, dimana tampilan yang mereka suguhkan dibuat mirip dengan MacOS yang ditunjang oleh Desktop Environment KDE, meskipun mereka bilang kedepannya tidak akan menggunakan KDE lagi karena mereka akan menggunakan environment buatan mereka yang lebih mendukung. 

Bagaimana rasanya menggunakan OS ini ?

Saya sendiri belum mencobanya, karena memang belum sempat saya download. Dan mungkin kedepannya saya akan coba terutama satu hal yang membuat saya penasaran adalah menginstall aplikasi MacOS nya di RavynOS ini. Apakah memang bisa dilakukan atau masih dalam tahap pengembangan.

Sebenarnya saya sudah sempat coba nonton di youtube reviewnya dan memang apps MacOS sendiri belum bisa di install di RavynOS ini, tapi sayangnya reviewer ini 1 tahun yang lalu, itu pun pada saat OS nya masih bernama AiryxOS bukan RavynOS (mereka mengganti nama karena alasan hak cipta )

Apakah kalian penasaran dengan Sitem Operasi ini ?

Tulis pendapat dan pengalaman kalian dikolom komentar yaaa, terima kasih

Tresna Widiyaman
Latest posts by Tresna Widiyaman (see all)
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments