How to Solve ceph-libs update issue Manjaro

Pada artikel kali ini saya akan coba membahas terkait issue yang saya dapatkan dalam waktu dekat ini, yaitu pada saat proses update software manjaro pada paket ceph-libs. Issue ini cukup krusial diamana mempengaruhi terhadap proses CPU sehingga menjadi cukup naik dan membuat laptop menjadi lag.

Issue ini berawal pada 6 Oktober 2022 saat itu muncul notifikasi update software di pamac-manager, saya lihat cukup banyak software yang update sampai 1.5GB (Big Update) ini sudah termasuk dengan software yang saya gunakan dari Repo AUR dan juga Flatpak.

Sayangnya pada saat proses installasi akhir saya melihat heatsink CPU yang mulai naik dan bersuara, lantas saya melihat task manager dengan menggunakan htop di terminal dan bisa dilihat CPU saya benar-benar digunakan habis.

Setelah beberapa saat, bisa dipastikan kalau kursor saya tidak bisa maju dan laptop benar benar dalam keadaan freeze. Lantas saya pindah ke terminal 2 tty1 dengan menekan keyboard CTRL+ALT+F2, lalu login dan melakukan reboot.

Saya masih penasaran karena pada saat itu saya melakukan update sambil membuka cukup banyak aplikasi, takutnya memang cukup pengaruh dari aplkasi lainnya. Saya coba update kembali ceph-libs tersebut dan 2 kali saya coba hasilnya tetap sama. Disni saya cukup bingung bagaimana cara mengatasinya, setelah itu saya cari tahu fungsi dari ceph libs.

Apa itu CEPH ?

CEPH merupakan aplikasi yang digunakan sebagai manager object penyimpanan pada komputer berbasis cluster. Biasanya paket software ini banyak di implementasikan pada komputer server yang biasanya mengolah data menggunakan basis cluster.

Kenapa di Manjaro Desktop ada CEPH ?

Saya belum bisa menjawab pertanyaan ini, karena saya belum mendapatkan referensi yang tepat untuk menjawabnya. Terutama manjaro yang saya gunakan ini versi desktop bukan kebutuhan server. Mungkin saja ada beberapa layanan dan aplikasi yang memang membutuhkan fitur cluster untuk menjalankannya sehingga aplikasi ini memang perlu di install.

Tapi untuk saat ini karena kebutuhannya mengarah ke desktop maka aplikasi ini memang tidak dibutuhkan untuk sekarang, terutamanya saya sendiri.

Solusi Cara Menghapus ceph-libs

Cara menghapsnya cukup mudah sekali, pertama kamu check di pamac-manager untuk package ini termasuk kedalam paket mana. Apakah official atau AUR, saya sendiri mengecek bahwa paket ini ternyata bawaan dari repository AUR. Maka selanjutnya buka terminal dan ketikan perintah berikut :

for AUR

sudo pamac remove ceph-libs

for Official

sudo pacman -R ceph-libs

Jangan lupa masukan password sudo dan juga pilih ya untuk konfirmasi menghapus paket aplkasi. Setelah itu reboot komputer kamu dan komputer kamu sudah kembali seperti semula dan tidak mengalami masalah High CPU.

Kesimpulan

Kesimpulan pada artikel ini, kamu bisa menghapus paket aplikasi ini dengan aman jika kamu memang pengguna desktop biasa untuk daily driver. Jika kamu pengguna khusus maka kamu harus mengecek kembali apakah ada palikasi lain yang terhubung dan membutuhkan ceph-libs ini atau tidak. So far sejauh ini Manjaro saya aman tanpa ada issue CPU high traffic lagi. Terima kasih

Sumber

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ceph_(perangkat_lunak)
  • https://www.ambedded.com.tw/id/technology/Penyimpanan-Blok-Ceph/tech_block-storage.html
Tresna Widiyaman
Latest posts by Tresna Widiyaman (see all)
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments