ESP8266 Arduino IDE – Static IP Address

Hallo Kawan-kawan Warriornux !
Apakah kalian pernah terpilirkan untuk mengubah IP Address default yang ada di ESP8266 atau NodeMCU sesuai dengan jaringan yang ada di topologi kalian ?

Jika memang iya, pada pembahasan kali ini kita akan coba membahas mengenai cara Mengatur IP Address ESP8266 atau Setting Fixed Static IP Address di ESP8266. Dimana nanti kita akan atur ip address esp8266, baik untuk mode Access Point maupun Client Station.

Introduction

Secara default, dalam mode Accesss Point esp8266 memiliki ip address 192.168.4.1/24. Setiap client yang terhubung akan mendapatkan address secara otomatis dengan range ip address mulai dari 192.168.4.2 – 192.168.4.3.

Semua ini dikarenakan esp8266 sendiri memiliki fitur DHCP Server (Dynamic Host Configuration Protocol) yang memungkinkan perangkat ini bisa meminjamakn ip address Pada perangkat yang terhubung dengannya.

Ilustrasi DHCP Server ESP8266
Ilustrasi DHCP Server ESP8266

Sedangkan untuk mode client station, ESP8266 akan mendapatkan IP Address secara otomatis sesuai dengan address yang diberikan oleh Access Point pemancar yang konek dengan dirinya.

Baca Juga :

Meskipun begitu terkadang dalam keadaan topologi tertentu kita membutuhkan ESP8266 dalam keadaan IP Address static, biasanya hal ini diperlukan untuk keperluan kontrol yang memungkinkan kita memanggil alamat fix dari perangkat esp8266 tersebut.

Apabila perangkat ESP8266 kita memiliki IP dynamic, maka hal ini akan menyusahkan kita pada saat melakukan kontrol pada perangkat esp8266 karena kita sendiri tidak tahu berapakah ip address yang didapatkan.

Ilustrasi Pusing Cari IP Address
Ilustrasi Pusing Cari IP Address

Maka dari itu, disini kita akan bahas sedikit script yang memungkinkan kita untuk mengatur ip address esp8266 agar memiliki ip address static yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Praktek

1. Static IP Address Access Point/Hotspot Mode ESP8266

Pada bagian ini kami akan bagikan script yang digunakan untuk merubah IP Address dari Access Point/Hostpot Mode ESP8266 seperti berikut.

Build dan ujicoba script berikut dan apabila berhasil, maka akan terlihat seperi dibawah ini hasilnya.

Hasil IP Static AP ESP8266 Warriornux.com
Hasil IP Static AP ESP8266 Warriornux.com

2. Static IP Address Client Station Mode ESP8266

Pada bagian kedua ini kami akan bagikan script yang digunakan untuk merubah IP Address dari Client Station Mode ESP8266 seperti berikut.

Build dan ujicoba script berikut dan apabila berhasil, maka akan terlihat seperi dibawah ini hasilnya.

Hasil IP Static Station Mode ESP8266 warriornux.com
Hasil IP Static Station Mode ESP8266 warriornux.com

Kesimpulan

Kesimpulannya Script yang digunakan untuk melakukan Static IP Address baik untuk AP mode maupun station mode pada dasarnya adalah sama, yang berbeda hanyalah mode pada kedua ESP8266 tersebut. Dengan begini kita sudah dapat melakukan perubahan ip address pada station mode, sehingga kita tidak perlu bingung lagi untuk mengetahui alamat ip pada perangkat esp8266 kita. juga AP mode kini bisa menyebarkan IP Address yang berbeda dari defaultnya.

Bagaimana Pendapat kalian tentang ini kawan ? 😀

Artikel Terkait

Tresna Widiyaman

Founder of Warriornux.
Sarjana Pendidikan Teknik Elektro (Telekomunikasi) from Universitas Pendidikan Indonesia. Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA). Linux User, and IoT Activist.