ESP8266 Arduino IDE – Static IP Address

Hallo Warrior, pada pembahasan kali ini kita akan coba untuk membahas mengenai static ip address pada esp8266. Secara default esp8266 akan mendapatkan ip address secara otomatis ketika kita membuat hotspot atau menerima wifi, disini kita akan coba untuk membuatnya secara manual.

Introdcution

IP Address merupakan sebuah pengalamatan yang biasanya dimiliki oleh sebuah perangkat jaringan, ip ini menjadi sebuah identitas yang berfungsi untuk panggilan pada saat perangkat saling berkomunikasi satu sama lain didalam jaringan.

ESP8266 sendiri merupakan sebuah perangkat yang memiliki ip address untuk bisa saling berkomunikasi satu sama lain, pada saat kita membuat sebuah AP pada ESP8266 maka kita akan memiliki ip address default 192.168.4.1 yang menyebarkan subnetnya pada user dengan range ip address 192.168.4.2-192.168.4.254.

Pada saat kita menjadi station, maka ip address yang kita miliki akan mengikuti subnet yang disebarkan dari sumber akses point. Apabila kita konek pada AP ESP8266, maka kita akan mendapatkan ip dengan subnet 192.168.4.x (misal seperti gambar dibawah)

Ilustrasi IP Address Otomatis
Ilustrasi IP Address Otomatis

Terkadang hal ini membuat kita risih, apalagi bila kita mempunyai proyek komunikasi yang mengharuskan kita mengetahui alamat ip yang dimiliki oleh setiap perangkat. Sedangkat perangkat ESP8266 tersebut memiliki address yang berubah ubah.

Pusing IP Address berubah-ubah
Pusing IP Address berubah-ubah

Maka dari itu kita memerlukan metode static ip address, dimana nantinya kita akan ubah pengaturan ip address pada esp8266 untuk mengatur address sesuai yang kita inginkan. Sehingga kita dapat dengan mudah mengetahui ip yang dimiliki oleh perangkat tersebut.

Praktek

Persiapan Perangkat

Pada praktek ini kita tidak akan menggunakan banyak perangkat, kita hanya perlu menyiapkan perangkat NodeMCU atau ESP8266 series lainnya untuk digunakan.

Sketch Program

Sketch program ini diperuntukan untuk mengatur ip address static AP mode ESP8266.

Sketch program ini diperuntukan untuk mengatur ip address static station mode ESP8266.

Hasil Percobaan

Berikut merupakan hasil dari ip static AP mode ESP8266.

Static IP ESP8266 AP Mode
Static IP ESP8266 AP Mode

Berikut merupakan hasil dari ip static station mode ESP8266.

IP Static Station Mode ESP8266
IP Static Station Mode ESP8266

Bisa kita lihat dari hasil kedua sketch tersebut terlihat bahwa ip address yang mereka miliki akan menyesuaikan dengan program yang kita buat, Address AP yang berubah ip servernya dan address station yang address nya sudah tetap.

Kesimpulan

Dengan mengatur IP Address static pada ESP8266 kita dapat dengan mudah mengetahui alamat perangkat yang kita miliki, apalagi ketika kita memiliki project untuk mengontrol perangkat membuat kita dengan mudah untuk menentukan perangkat mana yang akan dikontrol.

Artikel Terkait

Tresna Widiyaman

Founder of Warriornux.
Sarjana Pendidikan Teknik Elektro (Telekomunikasi) from Universitas Pendidikan Indonesia. Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA). Linux User, and IoT Activist.
Categories ESP8266