ESP8266 Arduino IDE – Mesh network dengan PainlessMesh

Hallo Warrior, pada pembahasan ini kita akan membahas mengenai salah satu implementasi dari Mesh Network pada NodeMCU/ESP8266 menggunakan library PainlessMesh. Disini kita akan coba mengguakan program sederhana dimana setiap node nantinya akan mendeteksi node yang lainnya dengan led sebagai indikatornya.

Introduction

Apa itu Mesh Network ?

Mesh Network/Topologi mesh merupakan sebuah bentuk dari topologi jaringan komputer yang menghubungkan antara satu node degan node lainnya, didalam jaringan tersebut. Hubungan antar node ini akan membentuk sebuah rangkaian yang menyerupai jaring (Dini S.Kom, DosenIT)

Contoh Jaringan Mesh
Contoh Jaringan Mesh

Topologi ini tidak membutuhkan dedicated links (perantara), setiap node akan saling berhubungan satu sama lainnya sehingga pada waktu yang sama akan terbentuk sebuah komunikasi langsung. Dikarenakan Komunikasinya terhubung secara langsung, maka apabila ada satu node yang mati, maka tidak akan berpengaruh pada node yang lainnya.

Ilustrasi satu node mati
Ilustrasi satu node mati

Dengan begini sistem komunikasi akan tetap terus berjalan dengan lancar dengan memanfaatkan node lain yang masih terhubung dengan jaringan yang sama.

Konsep Percobaan

Kita sudah mengulas sedikit mengenai topologi mesh tersebut, sekarang kita akan coba untuk membuat sebuah jaringan mesh dengan menggunakan NodeMCU/ESP8266 dan Library Painlessmesh.

Kita akan coba menggunakan program sederhana yaitu StartHere, dimana program ini nantinya akan menjalankan mesh, dan menghidupkan indikator led gpio 2 pada nodemcu ketika ada node lain yang terhubung. Sehingga led akan berkedip sesuai dengan jumlah node yang ada.

Berikut merupakan ilustrasi konsep yang akan dibuat pada percobaan ini.

Ilutrasi Mesh ESP8266
Ilutrasi Mesh ESP8266

Pada ilustrasi tersebut bisa kita lihat ada 3 node yang nanti akan dimatikan satu persatu sehingga led akan menentukan jumlah node nya.

Praktek

Persiapan Perangkat

Berikut merupakan beberapa perangkat yang kita butuhkan untuk percobaan ini :

  1. NodeMCU/ESP8266 x 3 pcs
  2. Library PainlessMesh yang sudah terintall (Download Disini)

Apabila kalian kesulitan untuk menambahkan library di Arduino IDE, kalian dapat mengikuti panduan berikut : Cara menambahkan library di Arduino IDE.

Sketch Program

Upload Sketch program tersebut pada Arduino IDE dengan Board General ESP8266. Apabila terjadi error pada saat melakukan upload program Painlessmesh, maka kalian bisa ikuti solusi berikut : Error Compailing Library PainlessMesh ESP8266

Video Hasil Percobaan

Demo PainlessMesh NodeMCU/ESP8266

Kesimpulan

Setelah melakukan percobaan ini kita dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pogram starhere pada library painlessmesh ini kita dapat membuat sebuah jaringan mesh yang bisa saling terhubung satu sama lain antar node, dimana setiap node akan mengidentifikasi node lainnya dan dilaporkan dalam bentuk led blink sesuai dengan jumlah node yang ada.

Artikel Terkait

Tresna Widiyaman

Founder of Warriornux.
Sarjana Pendidikan Teknik Elektro (Telekomunikasi) from Universitas Pendidikan Indonesia. Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA). Linux User, and IoT Activist.
Categories ESP8266