ESP8266 Arduino IDE – Build Simple Web Server

Hallo Warrior, pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat webserver di perangkat esp8266 maupun nodemcu. Nantinya kita akan dapat mengakses alamat ip address dari esp8266 dan menampilkan sebuah text di browser yang kita gunakan.

Pada bagian ini kita hanya akan membahas pembuatan webserver secara simple saja, dimana yang akan ditampilkan hanyalah berupa text. Pada bagian berikutnya barulah kita akan membahas pengembangannya, misalkan menghidupkan led melalui webserver esp8266.

Apakah Web Server itu ?

Webserver (paladen web) merupakan perangkat keras maupun perangkat lunak yang menyediakan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP maupun HTTPS. Ketika kita mengakses alamat web server tersebut, webserver nantinya akan menerima permintaan yang kita kirim melalui web browser, lalu akan membalas permintaan tersebut kedalam bentuk situs web dalam dokumen HTML.

Begitulah pengertian dari cara kerja webserver, kita bisa lihat contoh ilustrasi cara kerjanya seperti berikut ini.

Ilustrasi Cara Kerja Web Server
Ilustrasi Cara Kerja Web Server

Praktek

Persiapan Perangkat

Persiapan yang perlu dilakukan pada percobaan ini tidaklah banyak, kita hanya perlu menyiapkan perangkat ESP8266 maupun NodeMCU yang akan kita gunakan untuk disisipkan program webserver.

Sketch Program

Hasil Testing

Setelah melakukan upload program pada perangkat ESP8266, kita bisa melihat IP Address yang didapatkan oleh ESP8266 tersebut dari wifi yang kita gunakan seperti berikut.

Hasil Serial Monitor Webserver
Hasil Serial Monitor Webserver

Disana kita bisa lihat bahwa address yang esp8266 dapatkan adalah 192.168.43.202, sekarang kita coba akses alamat tersebut pada web browser dan lihat hasilnya.

Tampilan Main Page Webserver ESP8266
Tampilan Main Page Webserver ESP8266
Tampilan Status Page Webserver ESP8266
Tampilan Status Page Webserver ESP8266

Begitulah hasil dari webserver yang sudah kita buat tadi, untuk mengaksesnya hanya perlu memanggil ip dari esp8266 saja. Dan apabila ingin mengakses halaman status kita hanya perlu menambahkan /status dibelakang alamat ip address dan munculah hasilnya.

Kesimpulan

Dari percobaan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan perangkat esp8266 kita sudah dapat membuat sebuah webserver sederhana, kita hanya perlu mengakses alamat ip adress dari persangkat esp8266 tersebut. web yang ditampilkan tidak hanya main page saja akan tetapi dengan page yang lain yang tinggal kita masukan saja halamannya dan diakses dengan /lamanlainnya.

Sekian pembasan dari webserver yang sudah kami sajikan, semoga materi ini bisa membantu kalian dalam project yang sedang dikerjakan. Selain materi ini adakah materi lain yang ingin kalian dapatkan ? jika ada tulis dikolom komentar Oke.

Referensi

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Server_web
  • https://www.niagahoster.co.id/blog/web-server-adalah/

Artikel Terkait

Tresna Widiyaman

Founder of Warriornux.
Sarjana Pendidikan Teknik Elektro (Telekomunikasi) from Universitas Pendidikan Indonesia. Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA). Linux User, and IoT Activist.