Solusi Virtual Backgroud Zoom GNU/Linux : Tanpa Green Screen

Zoom merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer saat ini yang digunakan untuk video communication, terutama untuk kelas belajar online, webinar, dan event lainnya. Salah satu fitur yang membantu dan spesial pada aplikasi ini adalah Virtual Background dimana kita bisa membuat blur maupun menambahkan gambar dibelakang kita sehingga tidak akan muncul distraction dari lingkungan sekitar.

Virtual Background bisa dilakukan mengunakan green screen maupun tanpa green screen dengan memanfaatkan software rendering dari aplikasi tersebut (Smart Virtual Background), tapi sayangnya fitur Smart virtual backgorund ini hanya bisa dinikmati komputer dengan processor tertentu terutama OS berbasis GNU/Linux. Berikut listnya :

Karena pembatasan spesifikasi tersebut mengakibatkan Virtual Background di beberapa komputer yang tidak support menjadi cukup tidak nyaman dah terpaksa harus menggunakan green screen atau background polos lainnya.

Example Zoom Virtual Backgound tidak support tanda green screen

Solusi Smart Virtual Backgound GNU/Linux

Solusi untuk masalah ini adalah menggunakan PWA Zoom, PWA Zoom merupakan aplikasi berbasis Chrome Apps yang dikembangkan oleh Zoom untuk kebutuhan platfrom ChromeOS. Karena berbasis Chrome Apps maka semua Sistem Operasi yang bisa menjalankan Google Chrome/Chromium maka bisa menginstall PWA Zoom Tersebut termasuk GNU/Linux.

Berikut hasil Smart Virual Background yang kami gunakan di PWA Zoom dengan Sistem Operasi Manjaro Linux :

Smart Virtual Backgound di PWA Zoom

Selain Virtual Background PWA Zoom ini support juga dengan Blur Background yang hasilnya sebagai berikut :

Blur Virual Background PWA Zoom

Bagaimana dengan CPU nya, apakah memakan resource besar ?

Penggunaan resource bisa dikatan relative, dengan kondisi kami membuka banyak apikasi, zoom masih berjalan dengan lancar tanpa frame drop. Jika dilihat kembali aplikasi PWA ini kurang lebih sama seperti aplikasi google meet jika kita gunakan pada browser. Berikut laporan task manager kami :

Load penggunaan zoom pada Thinkpad X250 Intel® Core™ i5-5300U × 4

Installasi PWA Zoom

Di Chrome Store memang tersedia zoom tapi sudah tidak di develop lagi, jadi untuk menginstallnya kamu harus masuk ke web pwa.zoom.us/wc dulu. Lalu login dengan akun yang kamu miliki, setelah itu akan muncul tombol install disamping address bar chrome dan klik install Apps. Maka setelah itu zoom akan mulai menginstall pada Google Chrome.

Install PWA Zoom melalui Google Chrome

Tidak hanya Google Chrome, tapi semua browser dengan base Chromium seperti Vivaldi, Edge, Brave Browser dan lain sebagainya bisa menginstall PWA Zoom tersebut meskipun cara installasinya berda-beda, seperti salah satunya Browser Vivaldi cara installnya dengan klik kanan di tab zoomnya barulah keluar install zoom apps.

Kekurangan Zoom PWA

Meskipun memiliki cukup banyak benefit, nyatanya masih ada sedikit masalah pada saat penggunaan PWA Zoom ini. Masalahnya pada saat kita klik URL Zoom yang akan kita masuki, kita tidak akan langsung diarahkan ke aplikasi PWA Zoom yang sudah di install melainkan harus klik link Join from your browser :

Example issue PWA Zoom

Setelah klik link berikut kita juga tidak langsung diarahkan pop-out ke aplikasi PWA Zoom melainkan akan menjalankan PWA Zoom langsung Browser yang kita miliki. Sampai artikel ini dibuat kami belum menemukan solusi untuk masalah ini.

Kesimpulan

Dengan menggunakan PWA Zoom ini kita bisa menikmati fitur Smart Virtual Backgound mulai dari Blur dan mengubah gambar, akan tetapi untuk Video Backgorund memang belum support disini. PWA Zoom bisa dinikmati baik pada OS GNU/Linux, Windows maupun Mac dengan syarat menggunakan Chromium base. Kekurangan pada aplikasi ini adalah tidak direct pop-out seperti aplikasi desktop yang zoom sediakan. Sekian ulasan kami semoga bisa membantu.

Tresna Widiyaman
Latest posts by Tresna Widiyaman (see all)
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments