Manjaro Issue Unacceptable TLS certificate SOL : SOLVED !

Hallo sobat pelatux, kali ini saya akan membahas salah satu issue terkait dengan update pamac di Manjaro. Pada saat melakukan update terdapat error https://aur.manjaro.org/packages-meta-ext-v1.json.gz: Unacceptable TLS certificate yang mengakibatkan database AUR tidak dapat tersingkronasi.

Ini menjadi sebuah masalah, karena pada saat kita melakukan installasi melalui pamac, maka akan selalu muncul error tersebut. Berikut gambarannya.

Saya mencoba mencari beberapa referensi di internet, tapi sayangnya tidak menemukan yang tepat dan justru cukup ribet untuk dicoba. Maka saya mencoba untuk melakukan hal yang simple yaitu dengan melakukan clear cache pada repository menggunakan perintah pamac clear seperti berikut :

$ sudo pamac clean                                               
Number of versions of each package to keep in the cache: 3

To delete: 0 files

Tak lama setelah melakukan clean cache maka saya mencoba untuk melakukan kembali perintah pamac update dan hasilnya sesuai ekspektasi, system melakukan download ulang respository dan setelah itu error https://aur.manjaro.org/packages-meta-ext-v1.json.gz: Unacceptable TLS certificate tidak muncul kembali di terminal.

$ sudo pamac update                                               
Warning: Building packages as dynamic user
Warning: Setting build directory to /var/cache/pamac
Preparing...
Synchronizing package databases...
Refreshing AUR...                                                               
Nothing to do.                                                                  
Transaction successfully finished.

Penutup

Bisa saya simpulkan bahwa issue yang muncul terkait dengan certificate ini merupakan masalah yang terjadi karena repoitory dan untuk solusinya kita dapat melakukan update repo dengan menghapus cache sebelumnya sehingga system akan melakukan pengunduhan ulang pada alamat repo yang baru. Sekian yang bisa saya bagikan dari pengalaman yang saya miliki, semoga bisa membantu masalah kalian semua 😀

Tresna Widiyaman
Latest posts by Tresna Widiyaman (see all)
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments