Material Wiring Harness – Part 2

Hallo warrior ketemu lagi, sebelumnya kita sudah membahas tentang material wiring harness di artikel ini (klik coba !), kita akan melanjutkan pembahasan tentang material wiring harness pada artikel ini. Tapi bagi yang masih belum tau apa sih wiring harness itu nah kalian bisa buka ini nih klik. Oke kita langsung saja lanjutkan materi tentang material wiring harness page 2. Nah pada bagian kedua ini material yang akan dikenalkan adalah material yang biasa digunakan pada Assembling atau after PP.

Connector / Coupler

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa wire yang dicrimping dengan terminal kita sebut sebagai circuit, nah Coupler atau Connector ini adalah sebagai rumah circuit yang sudah di pasang terminal, berfungsi sebagai penyambung arus listrik dari suatu tempat ke tempat lain pada kendaraan. Karena sebagai rumah terminal, maka sama seperti terminal bahwa connector ini mempunyai jenis male dan female, serta di kodekan dengan angka-angka. Nah connector male female ini akan digunakan untuk menyambungkan harness yang satu ke harness lain, misalnya antara main harness dengan harness speedometer atau harness lampu, atau antar main harness dengan battery cable.

Connector memiliki 2 tipe yaitu connector water proof dan connector non water proof, seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa ada material rubber seal yang dipakai khusus pada connector waterproof yang berfungsi menahan air masuk kedalam terminal agar tidak terjadi konsleting akibat air yang masuk.

Contoh Connector Waterproof dan Non Waterproof
Contoh Connector Waterproof dan Non Waterproof

Selain itu ada Fuse Box bentuknya mirip seperti connector dan sama seperti connector yaitu dimasukan oleh circuit melalui terminal, tetapi tidak dihubungkan dengan connector lain tetapi dimasukan fuse, dimana fungsi fuse bertujuan untuk mencegah terjadinya arus lebih pada circuit dalam hal ini pada wiring harness. Fuse berfungsi untuk membatasi arus . Fuse terdiri macam jenisnya dan ukuran Amper nya. Ukuran Amper yang dibatasinya dari 5 A , 7,5 A 10 A , 15 A , 20 A , 25 A , 30 A Jenisnya Fuse Blade dan untuk ukuran 45 A , 65 A, 75 A Jenisnya Fuse Connector.

Contoh dari fuse box. Gambar kiri bawah yang warna merah ada tulisan "10" adalah fuse
Contoh dari fuse box.
Gambar kiri bawah yang warna merah ada tulisan “10” adalah fuse
Contoh Fuse yang sudah terpasang

Tube

Tube berfungsi sebagai pelindung circuit/harness dari benturan , gesekan atau panas yang akan menyebabkan kerusakan pada circuit atau wiring harness. Kalau pada artikel page 1 kita telah membahas salah satu tube yaitu SH-Tube atau shrink tube, sekarang ada dua jenis tube yang akan saya perkenalkan yaitu Tube VO, dan COT.

Contoh TUBE
Contoh TUBE

Tape / VTA

Mungkin kalian masih asing mendengar kata ini, mungkin kalian lebih mengenal material ini dengan nama “Lakban”, “Solasiban” atau “Solatip”, tetapi pada dunia wiring harness alat ini disebut sebagai Tape/VTA. Tape fungsinya adalah sebagai pelindung circuit / wire atau membungkus untuk membentuk circuit-circuit sesuai dengan drawing. Selain untuk membungkus dan melindungi circuit juga berfungsi untuk : Mengikat Clip atau Clamp; Tie Back atau mengikat connector pada harness ; Membungkus atau mengikat tube. ( COT , VO ).

Contoh Tape
Berbagai cara taping (melilitkan VTA/Tape pada harness / circuit)
Berbagai cara taping (melilitkan VTA/Tape pada harness / circuit)

Grommet

Grommet berfungsi untuk mencegah masuknya air dari ruang mesin ke dalam yang rentan terhadap air contohnya seperti ruang lampu. Grommet juga bisa menahan harness dari tersentuh bagian mesin atau body yang tidak boleh menyentuh harness.

Contoh Grommet
Contoh Grommet

Retainer

Retainer berfungsi untuk mengunci terminal pada connector.

Contoh Retainer
Contoh Retainer

Dummy Plug

Dummy Plug berfungsi untuk sumbat pada waterproof connector yang rentan terhadap air pada Pole/lubang tidak terpasang circuit. Tidak semua pole connector dipasang oleh circuit, maka dari itu untuk menutup lubang agar tidak masuk air maka dipasangilah dummy plug.

Contoh Dummy Plug
Contoh Dummy Plug

Clip

Clip berfungsi sebagai pegangan pada body atau pada bagian lain dari kendaraan. Clip biasanya di pasang pada harness atau connector.

Contoh Clip
Contoh Clip

Material Lain

Ada material lain yaitu Protector yang berfungsi sebagai pelindung wiring harness dari benturan dan gesekan sekaligus sebagai pembuat jalur circuit agar dapat di pasang dengan mudah pada Kendaraan. Selain itu ada marker tube dengan cable ties, marker tube ini sebagai penanda wire untuk menandakan fungsinya saking banyaknya wire yang ada maka harus ditandai.

Contoh Material Lain
Contoh Material Lain

Nah itu dia material material yang dipakai pada wiring harness, lumayan banyak juga ya. Sekian materi tentang material wiring harness, Terima kasih….!!

Artikel Terkait

Latest posts by Ramdan Febriana (see all)