Mengenal Apa Itu IP Public dan IP Private

Ngomong-ngomong kamu udah tahu belum, apa itu IP Address? Kalo belum memahaminya, alangkah lebih baik kamu membaca dulu artikel sebelumnya yang menerangkan Definisi dan Fungsi IP Address. Karena pada artikel kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan dari artikel sebelumnya.

Seperti yang kita tahu di dalam pemanfaatan jaringan komputer sehari-hari dapat kita lihat dari cakupan penggunaan IP Address di dalam jaringan komputer tersebut (untuk penggunaan di dalam jaringan lokal dan di dalam jaringan internet atau public).

Maka secara global, IP Address dibedakan menjadi dua jenis, yaitu IP Address Public dan IP Address Private. Inilah yang akan kita bahas sekarang.

IP Address Public

Apakah kamu pernah menyadari jika setiap kamu masuk ke dalam dunia maya, maka device yang kamu pakai itu memiliki IP Address unik, dimana hanya kamu lah (device kamu) yang mempunyai nya.

Karena pada dasarnya, IP Public ini merupakan IP Address yang bersifat unik (pada bagian Network Identifier) untuk setiap komputer dan digunakan pada jaringan internet. Dan IP Address ini hanya dimiliki oleh masing-masing komputer di dunia, termasuk juga perangkat-perangkat terhubung lainnya.

Dengan adanya IP Address Public ini bertujuan agar memudahkan para pengguna di dalam saling mengenali satu sama lain.

Namun bilamana kamu masih menggunakan IPv4, maka daya tampungnya terbatas untuk IP Address Public, sehingga salah satu cara umum yang digunakan adalah dengan NAT (Network Address Translator).

Umumnya pengguna internet memperoleh IP address Public secara otomatis dari provider (penyedia jasa layanan akses internet) maupun membelinya (apabila kamu menggunakannya untuk kebutuhan server ataupun produktif).

Mari sekarang kita praktekan contoh dari IP Address Public ini, yang harus kamu lakukan adalah mengoneksikan komputer kamu ke dalam jaringan internet, setelah itu bukalah situs penyedia layanan online untuk menampilkan IP Address Public kamu.

Apa Itu IP Address Public dan IP Address Private
Gambar IP Address Public saya saat mengakses internet dari suatu Provider

IP Address Public ini telah ditetapkan secara internasional oleh organisasi bernama Inter NIC (https://www.internic.net/), yang merupakan badan internasional yang menyediakan informasi umum kepada masyarakat dunia mengenai layanan registrasi nama dan domain pada internet di seluruh dunia.

IP Address Private

Bertentangan dengan IP Address Public, IP Address Private bersifat umum, sehingga dua buah jaringan berbeda yang tidak saling terhubung dapat menggunakan alamat yang sama. IP Address ini lebih umum digunakan pada jaringan lokal, seperti Local Area Network (LAN).

Ide dasar dari pembuatan IP Private ini adalah untuk memudahkan pengguna jaringan komputer di seluruh dunia di dalam memberikan pengalamatan kepada komputer dan perangkat terhubung lainnya di dalam jaringan mereka sendiri.

Yang artinya, kita tidak perlu melakukan koneksi ke jaringan publik berupa internet. Apabila dalam sebuah ruangan ada satu atau beberapa buah komputer yang menggunakan jaringan lokal (Local Area Network atau Intranet) memiliki IP Address Private masing-masing, maka seluruh komputer tersebut akan dikenali di dalam jaringan itu saja.

Kita ambil contoh, misalkan pada LAN A terdapat komputer X yang menggunakan IP Address Private 192.168.1.4, maka pada LAN B, komputer manapun di dalamnya (sebut saja komputer Y) dapat menggunakan juga IP Address Private 192.168.1.4, asalkan LAN A dan LAN B tidak dihubungkan menjadi satu.

Bagaimana Cara Cek IP Address Private?

Untuk di Windows kalian dapat menggunakan CMD lalu mengetikkan perintah ipconfig.

Apa Itu IP Address Public dan IP Address Private
Gambar IP Address Private saya saat terkoneksi ke sebuah jaringan lokal (Windows)

Untuk di Linux kalian dapat menggunakan Terminal lalu mengetikkan perintah ifconfig

Apa Itu IP Address Public dan IP Address Private
Gambar IP Address Private saya saat terkoneksi ke sebuah jaringan lokal (linux)

Ada 3 Kelas Pada Jaringan IP Address Private

  • Kelas A

Kelas A pada IP Address Private dimulai dari pengalamatan 10.0.0.0 sampai 10.255.255.255. Range IP Address kelas A ini akan mampu memuat total jumlah alamat bagi komputer dan perangkat terhubung lainnya sebanyak 16.777.216 buah.

  • Kelas B

Kelas B pada IP Address Private dimulai dari pengalamatan 172.16.0.0 sampai 172.31.255.255. Range IP Address kelas B ini akan mampu memuat total jumlah alamat bagi komputer dan perangkai terhubung lainnya sebanyak 1.048.576 buah.

  • Kelas C

Kelas C pada IP Address Private dimulai dari pengalamatan 192.168.0.0 sampai 192.168.255.255. Range IP Address kelas C ini akan mampu memuat total jumlah alamat bagi komputer dan perangkat terhubung lainnya sebanyak 65.536 buah.

Pengkelasan ini bertujuan agar mencegah terjadinya penumpukan (Overlapping) IP Address Public dan IP Address Private pada jaringan komputer secara global.

Ketiga kelas ini mencakup kelas A, B, dan C, dengan jangkauan (range) masing-masing. Range pada IP Address Private ini tidak akan digunakan pada IP Address Public, sehingga benar-benar memberikan batasan jangkauan IP Address untuk yang bersifat Public dan yang bersifat Private.

Sekian penjelasan mengenai IP Public dan juga IP Private semoga dengan ini kalian paham dan bisa membedakan diantara kedua model IP Address berikut. Jadi Kalian sering menggunakan kelas IP Address yang mana kawan ?

Artikel Terkait