Begini Caranya Berselancar Aman Di Dunia Maya

Pernahkah kalian mendengar kejahatan cyber yang sedang marak akhir-akhir ini? Internet yang sudah tak terpisahkan dari kehidupan manusia di era modern seperti ini bisa menjadi boomerang setiap saat, Kejahatan cyber semakin bertambah variasinya sebut saja carding, sniffing, hacking phising, pencurian akun media sosial dan lain sebagainya. Disini saya akan berbagi tips tentang cara aman berselancar di dunia maya.

  1. Perhatikan alamat Situs yang anda kunjungi

Beberapa user terkadang menganggap hal sepele permaslahan ini, padahal situs yang kita kunjungi menjadi jalan pagi para criminal cyber untuk melancarkan aksinya. Situs yang tidak terpercaya kadang menanamkan maleware dan piranti jahat lainnya yang bisa membahayakan pengunjungnya. Misalnya di situs konten dewasa maleware bertebaran melalui layanan unduh yang disisipi program jahat yang mengancam data kita, bisa saja berupa virus atau sejenisya. Situs yang menyediakan layanan download seperti softwere dan film juga harus diperhatikan. Penyedia baik sengaja mapupun tak sengaja menyisipkan program tertentu yang tentunya tak sehat bagi kia. Bisa saja berupa keyloger dan lain sebagainya.

  1. Perhatikan Jaringan kita saat menggunakan public Wifi

Hotspot area memang menjadi tempat bagi para netizen. Public Area seperti kafe, taman, mall tak jarang dipasangi hotspot area. Akan tetapi taukah anda bahwa disini juga tak jarang dijadikan tempat favorit para penjahat cyber. Mereka memasang jebakan agar kita sebagai pengguna masuk ke area hotspot mereka. Dan bahanya mereka bisa mengkontrol handphone atau computer kita sambil mencuri data-data penting kita.

  1. Gunakan Aplikasi Tambahan

Gunakan aplikasi tambahan seperti antivirus, anti maleware dan adware guna mengamankan perangkat kita dari kehajatan cyber. Anti virus gratis seperti Avira bisa digunakan untuk mengamankan kita dari virus-virus yang berbahaya.

  1. Matikan Pop Up

Pop up yang tiba-tiba muncul kadang sering mengganggu pandangan kita bahakan bisa memperlambat kinerja computer kita. Oleh sebab itu pengaturan penonaktivan pop up bisa menjadi pilihan utama.

  1. Update Browser kita

Browser kita juga sering menjadi sarang explotasi para pembajak.  Misalnya pada awal tahun 2016 Facebook di hebohkan dengan postingan berbau senonoh yang sebenarnya sama sekali tak dilakukan oleh usernya. Akan tetapi hal tersebut dikarenakan kelalaian pengguna ketika mengoprasikan Facebook di komputernya. Browser pengguna disusupi oleh add ons yang sama sekali tidak diinginkan.

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa share..  

Artikel Terkait

Categories Edukasi