Definisi dan Fungsi IP Address

Apakah kamu pernah berfikir bahwa ternyata internet memiliki alamat  tersendiri ? Yaps, komputer ibarat rumah kalian, dimana mempunyai alamat unik (saat terhubung ke internet) yang tidak akan mungkin sama persis antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Kali ini saya akan membahas tentang Definisi Pengalamatan Berbasiskan IP Address, namun disini saya akan menggabungkannya sekaligus dengan Manfaat Pengalamatan Berbasiskan IP Address, agar memudahkan pembaca  dalam memahami artikel yang akan kita bahas. 

Lalu  Apa  Itu  Definisi  dari  IP  Address? 

Kalau kita ulik dari namanya dulu, IP Address memiliki kepanjangan dari  Internet Protocol Address dan kita sering menyingkatnya dengan IP. Karena dalam pengiriman data menggunakan jaringan TCP/IP, maka disebutlah IP Address.

IP Address ini adalah suatu deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet. 

Ada juga dari referensi lainnya yang mengatakan bahwa IP Address merupakan bentuk alamat secara numerik (biner dan desimal) yang diberlakukan kepada semua komputer dan perangkat terhubung lainnya di dalam jaringan komputer.

Definisi utama dari IP Address, yaitu alamat identifikasi unik yang dimiliki  oleh setiap komputer dan perangkat terhubung lainnya di dalam jaringan  komputer, sebagai penanda dan alamat dari komputer atau perangkat terhubung bersangkutan.

Pengalamatan ini harus mencakupkan informasi penting kepada para pengguna komputer beserta semua komputer dan perangkat yang terhubung di dalam jaringan komputer mengenai alamat dan identifikasi unik dari komputer atau perangkat bersangkutan beserta dengan informasi jaringan tempatnya berada.

Jadi dapat kita gambarkan betapa pentingnya sebuah alamat IP Address ini, kamu masih bingung? Saya akan coba mengambil satu contoh.

Kamu mempunyai sebuah kantor yang di dalamnya terdapat dua buah jaringan komputer lokal (Local Area Network), yang terdiri atas empat buah komputer pada masing-masing jaringan. Setiap komputer tersebut memiliki IP Address yang berbeda-beda dan kedua jaringan tersebut dihubungkan menggunakan/melalui perangkat Router.

definisi ip address
Gambar Dua buah LAN dihubungkan melalui Router dengan IP Address berbeda

Dalam kasus tersebut, dapat kita lihat pada setiap komputer dan perangkat terhubung lainnya akan mendapatkan masing-masing alamat IP Address nya sendiri, yang tidak akan sama dengan komputer atau perangkat manapun alias unik.

Apa sih Fungsinya?

definisi ip address
Image Source : Pixabay

Jadi seperti yang dijelaskan tadi di atas, mungkin kamu akan mengira fungsi IP Address itu hanya sebatas identitas unik setiap komputer dan perangkat terhubung saja? Itu memang fungsi utamanya, namun ada beberapa manfaat lainnya yang tak kalah penting, diantaranya:

1. Memudahkan dalam proses Routing

IP Address berfungsi dalam memetakan rute yang harus ditempuh oleh paket data di dalam perjalanannya menuju ke komputer atau perangkat tujuan (dari komputer si pengirim).

2. Memudahkan di dalam proses komunikasi

Dengan adanya IP Address ini proses komunikasi antara komputer satu dengan komputer lainnya dapat berjalan dengan baik, tanpa harus ‘salah alamat’ dalam penyampaian data di dalam jaringan komputer.

3. Sebagai runut pengguna internet

Sebagai pengguna internet yang bijak, sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam mengungkapkan atau menjejakkan ‘kaki’ di dunia maya ini. Bagi orang yang tidak bertanggung jawab, ini bisa dimanfaatkan dalam melacak keberadaan seseorang.

Tapi agar dapat melacak seseorang melalui internet, dibutuhkan keahlian khusus dan dilakukan oleh seorang ahlinya. Maka dari itu kita mesti terus bersikap waspada, agar data dan informasi penting kita tidak tersebar begitu mudah.

Jadi bagaimana menurut kalian mengenai hal ini ?

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.


Artikel Terkait