Definisi dan Fungsi IP Address

Halo semuanya, kamu pernah gak sih memikirkan kalo ternyata internet yang kamu pakai di smartphone untuk ber-sosial media itu memiliki alamat khusus yang hanya kamu seorang memilikinya di dunia? Sekarang kita akan membahas mengenai Definisi dan Fungsi IP Address.

Itulah yang disebut dengan IP Address, diibaratkan IP Address itu adalah alamat sebuah rumah, yang artinya memiliki kombinasi angka-angka yang unik yang hanya dimiliki oleh satu device saja.

Baca Juga: Streaming Film Star Wars Melalui Telnet di Terminal Ubuntu!

Definisi IP Address

IP Address (Internet Protocol Address) didefinisikan sebagai alamat identifikasi unik yang dimiliki oleh setiap komputer dan perangkat terhubung lainnya di dalam jaringan komputer, sebagai penanda dan alamat dari komputer/perangkat terhubung bersangkutan.

Di sana terdapat kata ‘unik‘, kata tersebut diartikan bahwa setiap komputer dan perangkat terhubung lainnya memiliki alamat yang tidak boleh sama di dalam satu jaringan komputer.

Pengalamatan ini harus memberikan informasi penting kepada users (computer) beserta semua komputer & perangkat yang terhubung di dalam jaringan komputer mengenai alamat identifikasi unik dari komputer/perangkat bersangkutan beserta dengan informasi jaringan tempatnya berada.

Perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini.

Definisi IP Address
Gambar dua buah LAN dihubungkan melalui Router dengan IP Address berbeda

Terdapat dua buah jaringan komputer lokal atau LAN (Local Area Network) yang di mana masing-masing terdiri atas empat buat komputer di dalamnya. Setiap komputer tersebut memiliki IP Address-nya mereka sendiri-sendiri (berbeda satu dengan yang lain) & kedua jaringan tersebut dihubungkan melalui Router.

Fungsi IP Address

Lalu kamu akan bertanya, apa saja kah fungsi dari IP Address ini? Apakah hanya untuk menjadi identitas unik setiap komputer dan perangkat terhubung saja? Dari pertanyaan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Memberikan alamat dan identitas unik untuk setiap komputer dan perangkat yang terhubung ke dalam jaringan komputer. Kayaknya gak mungkin deh kalo misalkan komputer dan perangkat terhubung lainnya dapat mengenali/berkomunikasi dengan yang lainnya tanpa adanya alamat dan identifikasi unik (minimal) IP Address.
  2. Memudahkan di dalam proses Routing untuk memetakan rute yang harus ditempuh oleh paket data di dalam perjalanannya menuju ke komputer tujuan (dari komputer pengirim).
  3. Memudahkan di dalam proses komunikasi di dalam jaringan komputer (selain proses transmisi paket data).

Pada artikel yang ditulis ini, pengalamatan berbasiskan Internet Protocol berupa IP Address ini menggunakan IPv4. Hal ini agar memudahkan pemahaman (dibandingkan IPv6).

Baca Juga: Pengertian Dari Sebuah Protokol Bernama Telnet

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments