Maximal Compress / Resize Image JPG di GNU/Linux

Pada artikel kali ini kita akan membahas cara kompresi image dengan format JPG di linux, prosses kompresi yang akan kita lakukan adalah maximal size compression yang hasilnya akan membuat size file mengecil tapi resolusinya tetap tinggi sehingga gambar masih dalam keadaan baik dan jernih.

Installasi

Aplikasi yang akan kita gunakan adalah jpegoptim, sebelum itu kita perlu menginstallkannya terlebih dahulu karena paket ini tidak tersedia secara default. Gunakan perintah berikut :

Ubuntu/Debian

sudo apt install jpegoptim

Fedora/RHEL

sudo yum install jpegoptim

Manjaro/Arch

sudo pacman -Sy jpegoptim

Ukuran aplikasi tidak begitu besar, tunggu hingga proses installasi selesai.

Percobaan Compressi Image

Pertama kalian bisa gunakan dummy image sebagai contoh, disini saya mengunduh dari URL berikut Sample Image JPG dengan ukuran image 10MB.

Setelah itu buka terminal pada directory tersebut, lalu ketikan perintah berikut :

$ jpegoptim --max=20 SampleJPGImage_10mbmb.jpg

Keterangan

Semakin kecil ukuran max menandakan semakin kecil ukurang yang ingin kita compress, misalkan kita hanya ingin ukuran menjadi 80% dari ukuran awal maka tulis –max=80. Saya rekomendasikan paling kecil 20% bukan 10% untuk menjaga kualitas gambar tetap baik.

Prosesnya hanya akan memakan 1 detik saja bila di komputer saya, maka hasilnya akan kamu dapat seperti dibawah ini :

Jika kita coba bandingkan antara hasil yang sudah di compress dengan yang belum di compress maka secara resolusi dan kejelasan gambar tidak ada yang berubah selain daripada ukuran gambar.

Dengan ini kamu sudah dikatakan berhasil melakukan compressi gambar tanpa resiko mengurangi kualitas gambar.

Penutup

Dengan menggunakan jpegoptim kamu dapat melakukan optimalisasi storage dengan baik, command ini dapat kamu kombinasikan untuk keperluan lainnya misalkan optimasisasi konten di aplikasi, dll. Pastikan untuk memilih ukuran maximal yang tepat agar kualitas gambar masih terjaga dengan baik.

Referensi

  • OpenAI – ChatGPT
Tresna Widiyaman Avatar
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments