Error Compiling Library PainlessMesh [SOLVED]

Hallo kawan warriornux !
Pada pembahasan kali ini saya akan coba untuk membagikan pengalaman mengenai error yang terjadi pada salah satu library esp8266, yaitu PainlessMesh. Library PainlessMesh ini berfungsi untuk membuat sebuah network mesh menggunakan perangkat modul esp8266.

Disini kita belum akan membahas mengenai library dan pengaplikasiannya, mungkin di kesempatan lain akan kami bahas implementasi dari library tersebut. Apabila kalian penasaran dengan aplikasi tersebut, kalian dapat coba untuk mengakses alamat ini https://github.com/gmag11/painlessMesh.

Permasalahan

Berikut merupakan error yang muncul ketika kita mencoba untuk compiling program example yang sudah disediakan oleh libraru PainlessMesh yaitu StartHere :

Error Compiling PainlessMesh ESP8266

Setting Awal

Setting awal yang kami gunakan pada saat error sesuai dengan requirement yang diberikan oleh library PainlessMesh tersebut. Akan tetapi untuk Arduino IDE sendiri kami menggunakan setting sebagai berikut.

  1. Arduino IDE versi 1.8.8
  2. Board ESP8266 versi 2.5.2

Solusi Error

Setelah melakukan diskusi di berbagai forum dan blog di internet hingga tidak ditemukannya solusi, penulis bertanya pada kawan yang kebetulan melakukan percobaan yang sama untuk thesis magisternya.

Maka setelah itu kami melakukan penyamaan setting Arduino IDE dan mendapatkan hasil, dimana solusi untuk menyelesaikan error compiling library painlessmesh ini di esp8266 dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Downgrade Arduino IDE ke versi 1.8.5
  2. Downgrade Board ESP8266 ke versi 2.4.2 (Apabila nomer 1 tidak berhasil)

Setelah itu ujicoba kembali dengan melakukan compile pada example program StartHere yang ada dalam bawaan library PainlessMesh tersebut. Maka hasilnya akan berhasil seperti dibawah ini :

Done Compailing PainlessMesh ESP8266

kesimpulan

Dari pembahasan ini kita dapat menyimpulkan bahwa salah satu versi antara Arduino IDE dan Board ESP8266 masih belum support untuk bisa menjalankan library PainlessMesh. Sehingga harus melakukan downgrade terlebih dahulu agar library dapat dijalankan dengan baik

Bagaimana, apakah kalian sudah pernah menggunakan library tersebut ?

Related Post

Tresna Widiyaman

Founder of Warriornux.
Sarjana Pendidikan Teknik Elektro (Telekomunikasi) from Universitas Pendidikan Indonesia. Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA). Linux User, and IoT Activist.