Cara Memprogram dan Setup NodeMCU Menggunakan Arduino IDE

Hallo Warrior !
Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Modul NodeMCU dari ESP8266, sekarang kita akan kembali membahas mengenai modul ini. Hal yang akan kita bahas adalah, mengenai setup dan memprogram NodeMCU dimana yang akan kita gunakan adalah NodeMCU V3 dari LoLin. (Baca juga artikel sebelumnya : Mengenal Modul NodeMCU ESP8266)

Sebenarnya secara default NodeMCU ini diprogram menggunakan ESPlorer dengan menggunakan bahasa pemrograman Lua, akan tetapi dikarenakan tutorialnya sedikit dan tidak semua paham dengan pemrograman ini maka kita akan coba setup dengan menggunakan Arduino IDE.

Baik kalau begitu kita mulai saja berikut cara setup NodeMCU :

  • Selanjutnya hubungkan NodeMCU ke komputer maupun laptop kawan kawan semua, dan coba beberapa perintah AT Command dengan membuka serial monitor pada aplikasi Arduino IDE.
    (Baca artikel sebelumnya : Perintah-perintah AT Command ESP8266).
  • Coba beberapa program sederhana seperti membuat hotspot menggunakan NodeMCU, kamu bisa coba program yang ada di artikel sebelumnya. (Baca artikel : Hostpot/Access Point ESP8266).
  • Sebelum melakukan upload program, pastikan bahwa pengaturan board berada pada Generic ESP8266, karena pada saat ini kita akan menggunakan pengaturan yang sama dengan ESP8266 biasa.
Pemilihan Board ESP8226 di Arduino IDE
Pemilihan Board Generic ESP8226 di Arduino IDE

 

  • Coba lakukan upload program pada NodeMCU, tunggu hingga muncul tampilan seperti ini pada log Ardiono IDE.
Proses Upload Program ESP8266
Proses Upload Program ESP8266

 

  • Pada saat masuk ke proses tersebut, tekan dan tahan tombol flash yang ada pada modul NodeMCU tersebut selama beberapa detik agar modul masuk kedalam mode flash, tunggu hingga muncul tampilan titik-titik pada log.
Menekan Tombol Flash NodeMCU
Menekan Tombol Flash NodeMCU

 

Proses Upload Program Berjalan
Proses Upload Program Berjalan

 

  • Setelah muncul 100% berarti program sudah berhasil di upload, coba cek pada perangkat laptop maupun smartphone. Apakah Modul NodeMCU sudah menjalankan program yang kita upload dengan baik dan sesuai.

Sekian pembahasan mengenai cara setup dan memprogram NodeMCU v3 LoLin ESP8266, semoga artikel ini bisa membantu dan menambah pemahaman kawan kawan semua. Jangan lupa bagikan agar banyak orang yang tahu. Warriornux Learn, Create, And Try đŸ˜€