Mengenal Modul NodeMCU ESP8266, Sikecil yang handal untuk IoT

31. Mengenal NodeMCU

Pada pembahasan sembelumnya kita sudah membahas mengenai macam-macam jenis ESP8266, sekarang kita akan coba membahas salah satu jenis ESP8266 yang banyak digunakan karena kehandalan dan kemudahan saat menggunakannya. (Baca juga : Macam-macam jenis Keluarga ESP8266)

Ya NodeMCU, modul ini merupakan salah satu bagian dari keluarga ESP8266 yang sudah dibekali persenjataan dengan lengap. Berbeda dengan modul sebelumnya ESP-01 yang hanya chip saja tanpa dilengkapi usb uart, modul ini sudah dilengkapi dengan minimum system serta usb uart yang memudahkan kita untuk menggunakan dan memasukan program pada modul tersebut.

Dengan beragam kelebihan tersebut membuat modul ini sangat cocok untuk kalian pilih sebagai mikrokontroler system IoT (Internet of Thing) tanpa ribet memasangkan usb uart ke perang modul ESP8266 tersebut.

Sampai saat ini, setidaknya terdapat tiga versi dari NodeMCU yang diantaranya sebagai berikut :

1. Generasi Pertama Board v0.9 (NodeMCU v1)

NodeMCU v0.9
Generasi Petaman NodeMCU v1

Modul generasi pertama ini menggunakan ESP12 sebagai mikronya, membuat modul ini memiliki pinout cukup banyak yang bisa digunakan. Selain itu modul ini menggunakan CHG340 sebagai IC serialnya.

2. Generasi Kedua Board v1.0 (NodeMCU v2)

NodeMCU v1.0
Generasi Kedua NodeMCU v2

Berbeda dengan generasi pertama, NodeMCU generasi kedua ini memiliki bentuk dan warna yang berbeda yaitu warna hitam, sedangkan modul WiFi nya pun diganti menggunakan 12E dan IC serial yang digunakannya adalah CP2102.

3. Generasi Ketiga  Board v1.0 (NodeMCU v3 Unofficial)

NodeMCU
Generasi Ketiga NodeMCU v3

Perangkat NodeMCU generasi ketiga ini sebenarnya bukan official dari ESP8266, ini hanya versi modifikasi yang di kembangkan oleh produsen LoLin dengan beberapa perbaikan yang membuat perangkat ini di claim lebih cepat dari versi sebelumnya.

Modul generasi ketiga ini juga merupakan modul yang banyak digunakan saat ini, mengingat versi-versi sebelumnya yang sudah jarang sekali digunakan.

Modul NodeMCU sendiri memiliki default pemrogaman yaitu pemrograman Lua, tapi jangan khawatir untuk kawan kawan yang belum terbiasa menggunakan bahasa tersebut kalian dapat menggunakan bahasa c dari arduino menggunakan Arduino IDE seperti biasa. (Baca juga : Menambahkan ESP8266 Pada Arduino IDE)

Sekian pengenalan beberapa perangkat NodeMCU, semoga artikel ini bisa membantu dan menambah pemahaman kawan kawan semua. Jangan lupa bagikan agar banyak orang yang tahu. Warriornux Learn, Create, And Try 😀