Platfrom Pembuat Aplikasi Android Tanpa Coding Terbaik

Hallo sobat warriornux, pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tools software/aplikasi pembuat aplikasi android tanpa coding terbaik versi Warriornux !

Introduction

Tidak dipungkiri lagi bahwa perkembangan jaman telah membawa kita ke era gawai, dimana sistem operasi yang sudah mendominasi pada gawai saat ini ialah sistem operasi android.

Karena mayoritas pengguna gawai menggunakan android, maka tak heran jika banyak orang yang mencoba untuk mengembangkan aplikasi pada sistem android ini.

Interview Click GIF by J.B. Kinard - Find & Share on GIPHY
Programmer Capruk

Tapi sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjadi programmer, sebagian lainnya cukup sulit untuk memahami program-program yang cukup memusingkan.

Nah maka dari itu ada beberapa platfrom aplikasi yang mencoba untuk mengambil peluang dari hal tersebut, hingga dibuatlah software untuk membuat aplikasi android tanpa perlu coding.

Disana kita hanya perlu memiliki logika yang cukup untuk membuat aplikasi, karena kita akan membuat program hanya dengan menyatukan puzzel yang ada.

Baiklah, berikut merupakan beberapa platfrom terbaik yang sudah kami coba untuk membuat aplikasi android tanpa perlu coding :

MIT App Inventor 2

Website Utama App Inventor
Website Utama App Inventor
Workspace Android App Inventor
Workspace Android App Inventor

App inventor 2 merupakan sebuah platfrom yang berfungsi untuk membuat aplikasi android secara online, dengan menggunakan platfrom ini kita dapat membuat aplikasi tanpa coding.

Setiap komponen aplikasi hanya perlu kita drag dari panel samping kiri, setelah itu untuk fungsinya kita hanya perlu menyusun blok puzzel sehinga menjadi sebuah program.

Banyak komponen yang bisa kita gunakan disana, kita juga dapat melakukan import komponen dari pihak lain yang membuatnya. Hanya saja mungkin akan berbayar.

Untuk pembahasan lebih lanjut dari app inventor ini, kalian bisa coba akses artikel yang sebelumnya kami buat Pengenalan MIT App Inventor – Membuat apps android dengan mudah.

Kodular

Dashboard Home Kodular
Dashboard Home Kodular
Dashboard WorkSpace Kodular
Dashboard WorkSpace Kodular

Kudolar meupakan sebuah platfrom online yang dikhususkan untuk membuat aplikasi android, kudolar dikembangkan berdasarkan app inventor sehingga fungsinya tidak jauh berbeda.

Kelebihan dari kudolar ini adalah tampilan interface yang cukup cantik dan segar, sehingga dapat memberikan experience yang berbeda pada aplikasi yang kita buat.

Komponen yang ada pada kudolar ini lebih banyak daripada app inventor, bisa dikatakan lebih lengkap. Tapi sayangnya kita tidak dapat melakukan import komponen pada kudolar ini.

Kalian dapat mengakases kudolar pada alamat berikut https://www.kodular.io/creator

Thunkable

Dashboard Home Thunkable
Dashboard Home Thunkable
Signin Thunkable
Signin Thunkable

Tidak jauh berbeda dengan dua platfrom sebelumnya, thunkable merupakan platfrom online juga untuk membuat aplikasi android.

Tapi ada hal berbeda dan menarik disini, yaitu adalah fitur cross platfrom. Dimana kita dapat export aplikasi yang kita buat untuk Android dan juga IOS.

Sambil menyelam minum air

Mungkin peribahasa indonesia diatas cukup cocok digunakan untuk thunkable ini, dengan mendesain satu aplikasi saja kita sudah dapat menjalankannya di android dan IOS.

Secara tampilan thunkable ini tidak jauh berbeda dengan kudolar, cukup segar untuk dipandang meskipun komponennya tidak sebanyak kudolar tapi platfrom ini memberikan experience tersendiri.

Kalian dapat mengakses thunkabel pada situs berikut https://thunkable.com/

Kesimpulan

Kesimpulannya kita dapat menggunakan ketiga platfrom diatas untuk membuat aplikasi android tanpa perlu memiliki kemampuan ngoding (Memahami bahasa pemrograman), cukup memiliki logika yang kuat untuk membuat aplikasi yang kita inginkan.

Untuk kalian yang masih awam bisa menggunakan app inventor, karena platfrom ini merupakan dasar dari pembuatan aplikasi berbasis puzzle logic.

Jika kalian ingin mendapatkan tampilan yang cantik, kalian dapat menggunakan kudolar dan jika kalian ingin mempublish aplikasi di IOS juga, kalian dapat menggunakan Thunkable.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, silahkan tulis komentar kamu mengenai ini ya

Artikel Terkait