Mengenal MIT App Inventor – Membuat Aplikasi Android dengan Mudah

Hallo Warirrior, pada pembahasan ini kita akan coba membahas mengenai sebuah software bebasis web yang dapat membantu kita membuat aplikasi android dengan mudah tanpa memiliki pengalaman pemrograman yang handal.

Apa itu MIT App Inventor ?

MIT App Inventor Logo
MIT App Inventor Logo

MIT App Inventor (Integrated Development Environment) Merupakan sebuah aplikasi IDE berbasis drag and drop visual block programming yang memungkinkan kita untuk membuat dan mengembangkan aplikasi android tanpa harus memiliki pengalaman dalam bahasa pemrograman.

Cukup dengan memiliki pemahaman alur logika sebuah program saja, kita sudah dapat membuat sebuah aplikasi android dengan sederhana.

Fitur Visual Block Programming yang ada pada MIT App Inventor ini mampu mengubah bahasa pemrogramman berbasis teks menjadi sebuah block puzel yang dapat kita susun sesuai dengan tindakan yang kita inginkan.

App Inventor merupakan aplikasi opensource berbasis web yang disediakan oleh google dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Membuat Project Android Sederhana

Pada bagian ini kita akan coba untuk membuat sebuah project aplikasi android di MIT App Inventor, untuk memulainya kita perlu mengakses alamat https://appinventor.mit.edu/

Setelah muncul seperti dibawah ini, selanjutnya klik Create Apps! untuk memulai sebuah project baru.

Website Utama App Inventor
Website Utama App Inventor

Setelah itu kita akan diarahkan ke Sign in Google Account, silahkan pilih akun google mana yang akan kalian gunakan untuk login ke aplikasi App Inventor ini.

Login Google Account App Inventor
Login Google Account App Inventor

Setelah itu kita akan diarahkan ke halaman workspace project, disana akan muncul list project apa saja yang sudah kita buat sebelumnya seperti yang saya miliki.

Untuk membuat project baru, pilih menu Start new project yang ada disamping kiri seperti gambar dibawah ini.

Membuat Project Baru App Inventor
Membuat Project Baru App Inventor

Berikan nama project yang akan kita buat, setelah itu klik OK untuk menyimpannya.

Membuat Nama Project App Inventor
Membuat Nama Project App Inventor

Selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman editor aplikasi android yang akan kita buat di app inventor, disana kita bisa melihat disamping kiri ada panel komponen tools yang bisa kita drag and drop ke bagian tengah yaitu halaman aplikasi android.

Disamping sebelah kanan adalah bagian properties untuk mengedit rincian dari komponen yang kita sedang pasang, maupun workspace dari android yang sedang kita buat.

Workspace Android App Inventor
Workspace Android App Inventor

Setelah ini kalian dapat langsung mencoba menjelajahi aplikasi app inventor ini, mualilah membuat beberapa tampilan sederhana didalam sana.

Pada pembahasan App Inventor selanjutnya kita akan coba membuat sebuah aplikasi sederhana seperti calculator dari App Inventor ini, jika kalian memiliki masukan bisa kalian sampaikan dikolom komentar.

Sampai jumpa di tutorial App Inventor Selanjutnya, Stay with Warriornux !

Artikel Terkait

Categories Edukasi