ESP8266 Arduino IDE – Kalibrasi RTC DS3231 dengan Waktu NTP

Hallo Warrior, Pada pembahasan ini kita akan membahas mengenai modul RTC DS3231 yang akan kita setting waktunya agar sama dengan waktu pada NTP yang ada di internet.

Baca Juga : Menambahkan Modul RTC DS3231 Pada ESP8266

Introduction

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas mengenai setting modul RTC DS3231 dan juga setting ntp client, pada pembahasan ini kita akan coba kombinasikan keduanya dengan menyetel waktu pada RTC DS3231 menggunakan NTP Client.

Sehingga waktu pada RTC akan menyesuaikan dengan zona waktu GMT +7 Jakarta yang kita dapat datanya dari NTP Server menggunakan NTP Client. Cara kerjanya bisa dilihat seperti dibawah ini.

Ilustrasi Kalibrasi RTC to NTP
Ilustrasi Kalibrasi RTC to NTP

Baca juga : Setting Waktu ESP8266 dengan menggunakan NTP Client

Praktek

Persiapan dan bahan

Berikut beberpa perangkat yang perlu kita persiapkan pada tutorial ini :

  1. NodeMCU/ESP8266
  2. Modul RTC DS3231

Installasi Library

Pastikan library RTClib dan NTPClient sudah terinstall di Arduino IDE yang kalian miliki, jika belum kalian data menginstallkan RTClib seperti pada pembahasan sebelumnya, dan NTPClient seperti dibawah ini.

Library NTP Client sudah terinstall
Library NTP Client sudah terinstall
RTC Library Manager
RTC Library Manager

Rangkaian

Rangkaian yang kita gunakan tidak jauh berbeda dengan pembahasan sebelumnya, karena yang berbeda hanya dari program yang akan kita gunakan.

Wiring RTC DS3231 Nodemcu
Wiring RTC DS3231 Nodemcu
Wiring RTC DS3231 ESP-12F
Wiring RTC DS3231 ESP-12F

Sketch Program

Pada bagian id.pool.ntp.org kalian dapat menyesuaikan dengan url zona waktu negara yang kalian tempati, kalian dapat mengeceknya pada url berikut : https://www.pool.ntp.org/zone/id

Setelah program berhasil di upload, buka serial monitor dan lihat hasilnya.

Hasil Percobaan

Berikut merupakan hasilnya apabila kita membuka serial monitor.

Hasil RTC to NTP
Hasil RTC to NTP

Pada bagian void setup disana ada script yang berfungsi untuk mengkalibrasi waktu dari si RTC DS3231 tersebut, pada bagian berikut kita sisipkan script NTP yang difungsikan untuk memanggil waktu dari internet. Sehingga RTC akan otomatis di set sesuai dengan waktu NTP.

Kesimpulan

Dengan melakukan kombinasi antara NTPclient dan RTClib kita dapat melakukan kalibrasi waktu pada RTC sesuai dengan zona waktu saat ini. Dengan menyisipkan pemanggilan waktu NTP pada saat setup RTC, menjadikan RTC DS3231 memiliki waktu yang sama dengan zona waktu GMT +7.

Artikel Terkait

Tresna Widiyaman

Founder of Warriornux.
Sarjana Pendidikan Teknik Elektro (Telekomunikasi) from Universitas Pendidikan Indonesia. Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA). Linux User, and IoT Activist.
Categories ESP8266