ESP8266 Arduino IDE – Sensor Suhu dan Kelembaban DHT11

Hallo warrior, pada tutorial kali ini kita akan coba memprogram salah satu sensor yaitu sensor suhu dan kelembaban DHT11. Dimana nantinya ESP8266 akan membaca sensor DHT11 ini dan menampilkan hasil pembacaannya di serial monitor.

Introduction

Sensor DHT11 merupakan module sensor yang berfungsi untuk mengukur dua parameter lingkungan sekaligus, yaitu suhu dan kelembaban udara. Objek hasil pembacaan dari sensor ini memiliki output tegangan analog yang dapat diolah lebih lanjut menggunakan arduino maupun ESP8266.

Didalam sensor ini terdapat thermistor tipe NTC (Negative Temperature Coefficient), sehingga menjadikan sensor DHT11 ini termasuk kedalam elemen resistif yang berfungsi sebagai perangkat pengukur suhu.

Kualitas pembacaan data sensing yang lebih responsif dan kalibrasi nilai pembacaan suhu dan kelembaban yang cukup akurat menjadikan modul ini lebih unggul dibanding modul sensor lainnya.

Sensor ini memiliki 4 kaki pin yang setiap pin nya memiliki fungsi seperti yang dijabarkan pada gambar berikut.

Sensor DHT11 dan Pinout
Sensor DHT11 dan Pinout

Praktek

Persiapan Perangkat

Berikut merupakan beberapa perangkat yang akan kita gunakan pada percobaan ini :

  1. Perangkat NodeMCU/ESP8266
  2. Modul Sensor DHT11
  3. Project Board
  4. Jumper
  5. Library DHT11 (download disini)

Rangkaian

Berikut pemasangan rangkaian dari NodeMCU dan ESP8266 ke Sensor DHT11.

Wiring NodeMCU DHT11
Wiring NodeMCU DHT11
Wiring ESP8266-12F DHT11
Wiring ESP8266-12F DHT11

Sketch Program

Sebelum kita memprogram DHT11 pada arduino IDE, kita harus menambahkan library DHT11 terlebih dahulu. Untuk menambahkannya kalian dapat mengikuti panduan berikut : Cara menambah Library di Arduino IDE

Hasil Percobaan

Setelah program berhasil di upload, kita coba buka serial monitor yang ada pada Arduino IDE. Lihat hasilnya akan muncul seperti gambar dibawah ini. Kalian dapat melakukan ujicoba dengan mendekatkan sensor pada kipas angin atau pada benda panas lain.

Hasil Pembacaan Sensor DHT11 ESP8266
Hasil Pembacaan Sensor DHT11 ESP8266

Kesimpulan

Dengan menggunakan Sensor DHT11 dan ESP8266 kita bisa membaca suhu dan kelembaban udara, sensor ini akan membaca suhu dalam satuan celsius. Kita juga dapat mengatur sensor apabila ingin melakukan pembacaaan dalam fahrenheit.

Referensi

Artikel Terkait

Tresna Widiyaman

Founder of Warriornux.
Sarjana Pendidikan Teknik Elektro (Telekomunikasi) from Universitas Pendidikan Indonesia. Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA). Linux User, and IoT Activist.
Categories ESP8266