Mengenal XAMPP dan Cara Installasinya

Hallo Warrior, pada pembahasan kali ini kita akan membahas dan mengenal sebuah aplikasi berbasis opensource yang bisa membuat komputer kita menjadi sebuah server yaitu xampp.

Apa itu XAMPP ?

Xampp merupakan sebuah aplikasi berbasis opensource yang berfungsi untuk menjalankan layanan server di komputer lokal kita seperti apache, mariaDB, php dan phpmyadmin.

Aplikasi ini biasanya digunakan pada saat kita mengembangkan sebuah web, agar web kita bisa dijalankan di komputer dan jaringan lokal hingga web selesai dan siap kita upload ke server cloud nantinya.

Setiap service yang dibawa oleh xampp memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Apache

Apache merupakan sebuah webserver yang berfungsi untuk menampilkan konten web yang ada pada komputer/server. Dengan terinstallnya apache komputer kita dapat membaca project web kita yang memiliki format html, css, dan js.

2. MariaDB

MariaDB merupakan sebuah service yang berfungsi untuk mengolah data (database) berbasis query sql, dimana data tersebut tersimpan dalam tabel, baris, dan kolom.

3. PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman berbasis web yang cukup banyak digunakan, apabila service ini tidak kita install maka browser tidak akan bisa membaca bahasa dari php yang memiliki format file *.php.

4. PHPMyadmin

PHPmyadmin merupakan sebuah aplikasi dahboard berbasis web GUI yang berfungsi untuk mengatur database dari MariaDB, biasanya mariaDB hanya bisa diakses melalui terminal/command line. Dengan adanya phpmyadmin kita bisa lebih dimudahkan.

Cara Menginstall XAMPP di Komputer

Disini kita akan coba menjelaskan bagaimana cara menginstallkan xampp pada sistem operasi windows dan juga linux. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengunduh aplikasi xampp yang dapat diakses pada link berikut https://www.apachefriends.org/download.html

Download Page Xampp
Download Page Xampp

Kalian dapat mendownload xampp sesuai dengan sistem operasi yang kalian gunakan, apakah itu untuk windows atau untuk linux.

Untuk versi php sendiri bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan masin-masing, apabila masih awam kalian dapat pilih versi paling baru disana.

1. Installasi Xampp di Windows

Setelah proses download selesai, selanjutnya buka aplikasi xampp yang sudah di download tadi, maka akan keluar popout seperti dibawah ini. Ikuti tahap selanjutnya dengan klik Next.

Setup XAMPP 1
Setup XAMPP 1
Setup XAMPP 2
Setup XAMPP 2
Setup XAMPP 3
Setup XAMPP 3
Setup XAMPP 4
Setup XAMPP 4
Setup XAMPP 5
Setup XAMPP 5
Setup XAMPP 6
Setup XAMPP 6
Setup XAMPP 7
Setup XAMPP 7

Setelah tahap installasi selesai, kita akan diberikan sebuah popup dashboar control, disana kita bisa melihat semua service seperti apache, mysql, filezilla dll dalam keadaan mati.

XAMPP Control Panel
XAMPP Control Panel

Untuk menghidupka service yang akan kita gunakan, kita hanya perlu menekan tombol start disana. Karena kita akan menggunakan Apache dan MySQL maka klik start pada kedua service tersebut.

XAMPP Control Panel
XAMPP Control Panel

Apabila berhasil dijalankan maka nama service tersebut akan berubah menjadi warna hijau dan log dibawahnya akan menandakan running. Maka kita bisa masuk ke tahap berikutnya.

2. Installasi Xampp di Linux

Setelah kalian mendownload xampp untuk linux, selanjutnya kita lakukan tahap pertama installasi dengan memberikan hak akses pada file aplikasi tersebut.

Pertama buka terminal dan pindah ke direktori tempat file tersebut berada, disini saya berada di direktori Download. Setelah itu berikan chmod untuk execute.

Setelah itu jalankan installasi xampp tersebut dengan perintah berikut.

Selanjutnya akan muncul popup untuk melanjutkan installasi xampp, lanjutkan installasi seperti tahap yang ada di bagian installasi xampp windows hingga selesai.

Untuk menjalankan xampp di linux kita hanya perlu memasukan perintah berikut didalam terminal, maka xampp akan langsung bisa berjalan.

Maka akan muncul notif seperti ini apabila berhasil running.

Apabila kita ingin mematikan xampp pada linux, kita hanya perlu memasukan perintah berikut.

Dimana kita menyimpan project Web ?

Setelah proses installasi xamp sudah selesai, mungkin sebagian dari kawan-kawan akan bertanya dimana kita menyimpan file project web nya nanti.

folder file project web kita nantinya akan disimpan di folder htdoc yang ada pada folder system xampp sendiri. Tempat folder system xampp akan berbeda baik di windows maupun di linux

  • Jika di Windows, folder tersebut akan tersimpan di C:\xampp\htdoc\
  • Jika di Linux, folder tersebut akan tersimpan di /opt/lampp/htdoc/

Nantinya kalian dapat menyimpan folder project web didalam direktori tersebut sehingga nanti dapat diakses melalui browser.

Untuk para pengguna linux, sebelum memindahkan folder project ke htdoc mungkin kalian harus memberikan full akses terlebih dahulu agar proses editing filenya nanti menjadi mudah.

Cara Mengakses XAMPP

Cara mengakses xampp sangatlah mudah, kita biasa dengan menyebutnya localhost.

1. Mengakses localhost

Untuk mengakses localhost kita hanya perlu membuka browser seperti Google Chrome atau Firefox, lalu mengetikan alamat localhost pada url dan hasilnya akan seperti dibawah ini.

Dashboard Xampp
Dashboard Xampp

Kita akan langsung diarahkan ke bagian dashboard dari xampp tersebut.

lalu bagaimana dengan mengakses file project yang kita miliki ?

Kita hanya perlu memanggil folder file project web yang sudah kita simpan sebelumnya di htdoc, sebagai contoh disini saya memiliki folder project bernama water-counter.

Water Counter localhost
Water Counter localhost

2. Mengakses Database MariaDB via Phpmyadmin

Disini kita tidak akan mempraktekan cara mengakses database MariaDB melalui terminal, melainkan melalui web console yaitu phpmyadmin.

Cara mengaksesnya cukup mudah, kita hanya perlu memanggil alamat localhost/phpmyadmin di url browser yang kita gunakan, dan akan muncul seperti dibawah ini.

Mengakses localhost phpmyadmin
Mengakses localhost phpmyadmin

Penutup

Baik dengan begini serangkaian penjelasan mengenai xampp, tahap installasi dan cara mengakasesnya sudah kami jelaskan dengan bertahap.

Semoga pembahasan yang sudah kami bagikan ini bisa membantu kawan-kawan yang sedang melakukan percobaan, apabila ada kendala yang didapati kalian bisa langsung tanyakan dikolom komentar.

Terimakasih, salam warriornux !

Artikel Terkait

Tresna Widiyaman

Founder of Warriornux.
Sarjana Pendidikan Teknik Elektro (Telekomunikasi) from Universitas Pendidikan Indonesia. Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA). Linux User, and IoT Activist.
Categories Edukasi