Peluang Kerja Jurusan Teknik Elektro di Era Industri 4.0

Lulus kuliah, kerja jadi apa ya saya ?

Sebuah pembahasan yang sering terjadi pada mahasiswa tingkat akhir ketika mereka selesai menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Kebanyakan dari mereka bingung kemana mereka harus berkarir maupun peluang kerja apa yang bisa mereka dapatkan setelah lulus dari Jurusan Teknik Elektro.

Tidak perlu takut, karena Jurusan Teknik Elektro dari dulu merupakan jurusan yang memiliki peluang kerja yang sangat tinggi. Apalagi era industri 4.0 seperti saat ini yang serba IT dan IoT.

Banyak perusahaan yang membutuhkan talenta elektro baik perusahaan BUMN, Swasta, maupun perusaan Startup bebasis IoT yang sedang menjamur saat ini.

Pada artikel kali ini kita akan coba merangkum beberapa profesi yang bisa kalian dapatkan setelah lulus dari Jurusan Teknik Elektro. Daftar berikut kami dapatkan dan kumpulkan dari kawan-kawan kami yang sudah berkarir maupun dari platfrom sosial media seperti Linkedin, Tech in Asia, Jobstreet dll.

Baiklah berikut beberapa profesi dan peluang kerja dari Jurusan Teknik Elektro :

1. Product Engineer

Ilustrasi Product Engineer
Ilustrasi Product Engineer

Divisi Product Engineer biasanya menangani product atau melakukan riset teknologi yang akan digunakan nantinya pada product mendatang. Penulis sendiri dulu masuk dalam divisi ini pada saat magang di salah satu perusahaan elektronika di bandung, dari sini awal penulis memiliki ilmu mengenai ESP8266.

Biasanya divisi product ini menangani banyak bidang seperti kontrol, komunikasi, automasi, maupun IoT tergantung pada produk dan proyek yang dikelola oleh perusahaan tersebut.

2. Production Engineer

Ilustrasi Production Engineer
Ilustrasi Production Engineer

Production Engineer mungkin sedikit terdengar sama dengan product engineer tapi ada beberapa hal yang mungkin sedikit berbeda, dimana profesi ini lebih mengarah ke managerial dan bukan bagian produksi langsung.

Profesi ini bertanggung jawab atas rekayasa proses pada produksi, menentukan target produksi berdasarkan permintaan dengan melihat kapasitas mesin dan operator produksi, merencanakan dan rekayasa menu produksi pada setiap proses produksi dll

3. IoT Engineer

Ilustrasi IoT Engineer
Ilustrasi IoT Engineer

Divisi IoT Engineer merupakan profesi yang sedang banyak menjamur saat ini, divisi ini biasanya menangani terkait teknologi IoT seperti komunikasi alat dengan aplikasi, automation system, monitoring alat yang berkaitan dengan banyak modul dan sensor.

Divisi ini biasanya diisi oleh konsentrasi elektro arus lemah maupun telekomunikasi. Ada beberapa Perusahaan Startup yang mengusung teknologi IoT seperti membuat alat untuk meningkatkan panen ikan, monitoring traffic light dll.

4. Modernization Manufacturer

Ilustrasi Modernization Manufacturer
Ilustrasi Modernization Manufacturer

Pekerjaan untuk Modernization Manufacturer cukup menarik, karena disini kita bertugas untuk mengembangkan atau membuat modern sebuah alat yang tadinya masih menggunakan sistem lama menjadi berbasis IoT contohnya.

Menurut sumber salah satu engineer di perusahaan manufaktur di daerah subang ini, dia melakukan sejenis pengembangan system otomasi berbasis IoT pada mesin jahit dan mesin cutting. Tapi ini hanyalah salah satu contoh, karena produk setiap perusahaan akan berbeda.

5. Network Engineer

Ilustrasi Network Engineer
Ilustrasi Network Engineer

Ketika kalian masuk kedalam divisi Network Engineer, kalian akan banyak bermain dengan sistem komunikasi berkaitan dengan TCP/IP. Biasanya profesi ini dipengang oleh jurusan telekomunikasi, teknik informatika, dan Teknik Komputer Jaringan.

Kalian harus memiliki pemahan mengenai OSI layer, routing, dan juga Internet protokol. Karena divisi ini akan lebih banyak mengurusi permasalahan mengenai perangkat jaringan dan juga komunikasi internet.

6. NOC (Network Operation Center)

Ilustrasi NOC Engineer
Ilustrasi NOC Engineer

Jika kamu masuk kedalam profesi NOC, kamu akan mendapatkan jobdesk untuk melakukan manajemen jaringan mulai dari mengawasi keamanan jaringan, performa jaringan, server dan mengecek setiap permasalahan yang muncul yang membutuhkan penanganan khusus.

Biasanya pekerjaan ini ditekuni oleh jurusan telekomunikasi, mungkin pekerjaan ini memiliki beberapa kesamaan dengan network enginner. Hanya saja NOC lebih komplek lagi.

7. Trainer

Ilustrasi Trainer Engineer
Ilustrasi Trainer Engineer

Selain daripada menjadi bagian dari engineer, lulusan dari Teknik Elektro ini bisa juga menjadi seorang Trainer. Menurut sumber yang penulis dapat, rata-rata lulusan yang mendapatkan pekerjaan di lahan tambang kalimantan ini mendapat jobdesk menjadi trainer.

Nantinya mereka akan ditraining terlebih dahulu hingga ilmunya memumpuni, setelah itu mereka akan menjadi trainer/instruktur untuk pegawai baru yang masuk pada perusahaan tersebut.

Kesimpulan

Berikut adalah beberapa profesi yang dapat kami jabarkan, sebagian besar pekerjaan yang kami rangkum berdasarkan hasil wawancara kami kepada rekan yang sudah bekerja di industrinya langsung.

Sebenarnya masih banyak profesi yang tidak bisa kami jabarkan seperti Maintance Engineer, Power Engineer, Hardware Engineer, SCADA Control, Testing & Commission Engineer, Electrical Quality Engineer, Power Technology Enginner, dll.

Sekian infomasi yang dapat kami berikan, semoga bisa menjadi gambaran untuk kawan-kawan semua yang sedang mencari petunjuk untuk menjadi profesi terbaik.

Referensi :

  • TechinAsia
  • Linkedin
  • Jobstreet
  • Teman sebaya Alumni Pendidikan Teknik Elektro

Artikel Terkait

Tresna Widiyaman

Founder of Warriornux.
Sarjana Pendidikan Teknik Elektro (Telekomunikasi) from Universitas Pendidikan Indonesia. Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA). Linux User, and IoT Activist.
Categories Edukasi