ESP8266 IoT Antares – Menerima Data Sensor dengan API HTTP

Hallo sobat warrior, pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara pengiriman data sensor ke platfrom antares menggunakan APi pada protokol HTTP. Pada bagian ini kita akan coba membahas bagaimana ESP8266 menerima data/Get data dari Antares dengan metode yang sama.

Jika kalian belum sempat membaca pembahasan sebelumnya, saya sarankan kalian membacanya terlebih dahulu pada link berikut : Mengirim Data Sensor ke Antares dengan API HTTP

Pada prakteknya kita akan asumsikan bahwa kita memiliki 2 Nodemcu, dimana yang satu terhubung dengan sensor dan mengirim datanya ke Antares. Sedangkan satunya lagi mengambil dan menerima data dari Antares yang sebelumnya dikirim oleh Nodemcu pertama.

Ilustrasinya kurang lebih akan seperti gambar berikut.

Ilustrasi menerima/Get data sensor dari Antares
Ilustrasi menerima/Get data sensor dari Antares

Yang akan kita desain sekarang adalah Nodemcu ESP8266 kedua, yaitu yang mengambil dan menerima data dari antares. Data yang akan diambil disini adalah data terakhir yang sudah di unggah secara realtime dan nantinya akan ditampilkan pada serial monitor.

Persiapan

Pada bagian ini kita tidak akan banyak mempersiapkan alat, karena kita hanya akan mengambil data maka yang kita butuhkan hanyalah Nodemcu ESP8266. Tapi apabila kalian ingin melakukan custome seperti menampilkan pada display silahkan saja, hanya belum akan kita bahas codingannya disini.

Setup Antares & Library

Untuk bagian ini kita tidak akan bahas disini, saya sarankan kalian melihat artikel sebelumnya yang sudah saya buat. Link nya tertera pada bagian awal artikel ini, disini saya hanya akan memberikan gambar data yang sudah ada pada database device Antares.

Data Antares Secara Realtime
Data Antares Secara Realtime

Sketch Program

Setelah proses persiapan dilakukan mulai dari perangkat dan aplikasi, maka selanjutnya kita hanya perlu mengunggah program ke Nodemu ESP8266. Jangan lupa sesuaikan Alamat Antares dan WiFi yang akan kalian gunakan sebelum mengunggah program.

Setelah itu coba unggah program ke Nodemcu ESP8266, tunggu hingga proses unggah selesai dan jangan lupa aktifkan WiFi yang akan kalian gunakan.

Hasil Serial Monitor

Buka serial monitor dan tunggu sampai Nodemcu ESP8266 konek ke WiFi dan server antares, lalu kalian akan dapat melihat data yang diambil oleh Nodemcu yaitu sebagai berikut.

Hasil Get data Antares
Hasil Menerima/Get data Antares

Disana tertera data yang diambil adalah “Kelembaban” : 1024 dan ditampilkan kembali dalam serial print dibawahnya dengan nilai yang sama. Dia akan mencoba mengambil data terus menerus secara realtime dengan delay 5 detik.

Dengan begini proses pengambilan data dari Antares terlah berhasil, ini hanyalah program dasar dan kalian dapat mengembangkannya lebih baik lagi baik itu dari nilai sensor yang diperbanyak maupun display data yang di integrasikan dengan LCD misalkan.

Kesimpulan

Dengan menggunakan antares ini kita dapat menerima data secara realtime menggunakan protokol HTTP melalui alamat API dan device yang sudah kita tuju sebelumnya, data realtime ini didapatkan dari perangkat lain yang sebelumnya sudah mengirimkan data ke Server Antares hinga akhirnya data tersebut kita ambil.

Kedepannya kita akan coba membahas tentang protokol MQTT dan pengaplikasiannya pada platfrom Antares, karena platfrom ini menyediakan juga protokol MQTT.

Artikel Terkait

Categories ESP8266