ESP8266 IoT TelegramBot – Kontrol Relay Lampu via Internet

Kontrol Relay ESP8266 via Telegram

Hai Kawan Warrior !
Berdasarkan hasil diskusi yang kami dapatkan di forum-forum mengenai ESP8266, beberapa pengguna ternyata tertarik dengan cara kerja sistem kontrol lampu rumah dari jarak jauh atau melalui internet. Dalam tutorial ini kita akan bahas bagaimana cara mengontrol relay lampu rumah via internet menggunakan esp8266 dan Aplikasi Telegram.

Kenapa harus aplikasi telegram ?

Karena aplikasi telegram ini memiliki fitur BOT. Bot sendiri merupakan kata lain daripada Robot, dimana robot ini nantinya akan bekerja untuk membantu memudahkan kita dalam kegiatan pengiriman pesan. Untuk membuat bot sendiri sangatlah mudah, kita hanya perlu melakukan Add pada akun @BotFatherLalu memasukan informasi mengenai bot yang akan kita buat. Nanti kita akan diberikan sebuah code API yang akan kita manfaatkan untuk komunikasi ESP8266 ke internet.

Apa itu API ?

API (Application Programming Inteface) secara singkat merupakan teknologi yang menjadi sebuah jembatan komunikasi, dimana memungkinkan programmer untuk melakukan pertukaran informasi data melalui dua perangkat yang berbeda atau lebih melalui jaringan internet. Dengan ini perangkat yang tidak melmiliki dedicate ip public dalam melakukan komunikasi dengan perangakat lainnya hanya dengan menggunakan sercet code API.

Dengan adanya teknologi tersebut kita dapat memanfaatkannya untuk membuat sebuah perangkat berbasis IoT (Internet of Things) untuk mematikan dan menghidupkan lampu relay menggunakan perangkat ESP8266 melalui internet dengan API dari bot telegram tersebut.

1. Komponen yang harus disiapkan :

  • ESP8266 All Series/NodeMCU V3
  • Relay
  • Socket Lampu + Lampu
  • Smartphone/Laptop yang terinstall Telegram

2. rangkaian yang akan kita gunakan :

Rangkaian NodeMCU Relay
Rangkaian Jika Menggunakan NodeMCU

 

Rangkaian ESP8266-12E Relay
Rangkaian Jika Menggunakan ESP-12E

Setelah rangkain kita buat, selanjutnya kita tambahkan @BotFather pada telegram kita, lalu buka BotFater tersebut dan buat BOT dengan cara seperti gambar dibawah ini.

3. Cara Membuat Bot Telegram

membuat-telegrambot-warriornux

Setelah selesai membuat bot, kamu akan diberikan sebuah token untuk mengakses HTTP API. Token tersebut yang akan kita masukan kedalam program pada ESP8266.

Selanjutnya untuk dapat menggunakan API Telegram pada program yang kita buat, kita harus memasukan library TelegramBOT terlebih dahulu ke aplikasi Arduino IDE. Library tersebut dapat diunduh pada link berikut https://github.com/CasaJasmina/TelegramBot-Library.

4. Sketch Arduino IDE ESP8266 Telegram BOT

Setelah library ditambahkan, sekarang kita masukan program berikut :

Setelah sketch program kita upload pada ESP8266 dan sudah terkoneksi ke internet juga, sekarang kita hanya perlu mencobanya dengan masuk ke BOT Telegram yang sudah kita buat. Lalu memasukan perintah dengan melakukan chat. Tunggu 20detik hingga perangkat merespon dan membalas pesan pada Bot Tersebut.

5. Hasil Percobaan

Berikut merupakan tampilan dari bot telegram yang sudah kita buat, beserta report yang muncul ketika kita memasukan perintah. Dan juga tampilan dari serial monitor Arduino IDE.

report-telegrambot-esp8266

Video Demo Menyusul

6. Kesimpulan

Dengan memanfaatkan API dari Bot Telegram kita dapat menghubungkan perangkat ESP8266 dan Smartphone Android/IOS, Melakukan komunikasi antara kedua perangkat tersebut hingga membuat sebuah sistem kontrol berbasis internet chat yang mampu mengontrol relay lampu yang kita kondisikan berada didalam rumah menggunakan jaringan internet.

Baik kalau begitu, semoga tutorial ini dapat membantu kawan kawan. Jangan lupa like, subscribe, dan bagikan agar banyak kawan kita yang makin banyak tau.