Error Syncronize database Manjaro : SOLVED !

Pada kesempatan ini saya akan coba membahas salah satu issue yang saya temukan pada saat menggunakan manjaro, yaitu adalah masalah pada syncronize database. Masalah ini pertama kali muncul pada saat proses update di pamac manager sehingga saya tidak dapat melakukan installasi dan update software yang muncul.

Masalah ini diperkirakan muncul dari pembacaan library reposiroty si manjaro, maka dari itu saya coba buka terminal dan lakukan update repo list dengan menggunakan perintah sudo pacman -Ssy dan hasilnya muncul seperti berikut :

Error saat update repo manjaro
error: GPGME error: No data
error: GPGME error: No data
error: GPGME error: No data
error: GPGME error: No data
error: failed to synchronize all databases (invalid or corrupted database (PGP signature))

Log pada error tersebut menandakan bahwa database tidak bisa tersinkronasi dan ada masalah pada PGP signature, maka dari itu saya coba mencari solusinya di internet. Apakah yang dapat saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut, dan akhirnya saya menemukan sebuah referensi yang saya anggap cukup efektif untuk mengatasi si failed to synchronize all databases.

Solving Issue

Pertama yang perlu kita lakukan adalah mengecek file database repo yang ada pada direktori /var/lib/pacman/sync dengan menggunakan perintah ls dan kurang lebih hasilnya akan seperti berikut.

$ ls /var/lib/pacman/sync                                                                                                 
community.db  community.db.sig  core.db  core.db.sig  extra.db  extra.db.sig  multilib.db  multilib.db.sig

Selanjutnya jika pada saat melakukan pengecekan kamu menemukan file dengan dengan format *.sig maka hapus file tersebut karena kita akan coba membuat kembali signature file baru dan untuk memastikan hal tersebut berjalan baik kita perlu mengahapusnya. Bisa menggunakan perintah berikut.

$ sudo rm /var/lib/pacman/sync/*.sig

Jika sudah kamu hapus, coba check kembali direktoru sync apakah masih ada file dengan format *.sig, kalau masih ada maka coba kamu hapus dan jika tidak ada berarti sudah aman.

$ ls /var/lib/pacman/sync           
community.db  core.db  extra.db  multilib.db

Langkah selanjutnya setelah menghapus file signature jangan lupa untuk menghapus cache supaya nantinya cache lama tidak akan bertabrakan dengan update repo yang baru. Untuk remove cache bisa gunakan perintah sudo pacman -Sc. Jangan lupa konfirmasi dengan menekan tombol Y untuk menghapus cache nya.

$ sudo pacman -Sc                                                                
Packages to keep:
  All locally installed packages

Cache directory: /var/cache/pacman/pkg/
:: Do you want to remove all other packages from cache? [Y/n] 
removing old packages from cache...

Database directory: /var/lib/pacman/
:: Do you want to remove unused repositories? [Y/n] 
removing unused sync repositories...

Langkah terakhir setelah kamu menghapus signature dan cache adalah melakukan update repo pada manjaro, proses ini akan memakan waktu yang lumayan dari biasanya karena cache yang kita miliki sudah dihapus sehingga dia akan melakukan get informasi database baru. Jika berhasil akan muncul seperti dibawah ini.

$ sudo pacman -Syyu                                                                                                        
:: Synchronizing package databases...
 core                                                          167,5 KiB  70,4 KiB/s 00:02 [####################################################] 100%
 extra                                                        1879,6 KiB   433 KiB/s 00:04 [####################################################] 100%
 community                                                       6,9 MiB   547 KiB/s 00:13 [####################################################] 100%
 multilib                                                      179,6 KiB   100 KiB/s 00:02 [####################################################] 100%
:: Starting full system upgrade...
warning: python-pyqt5: local (5.15.6-7.1) is newer than extra (5.15.6-7)
resolving dependencies...
looking for conflicting packages...

Abaikan bagian warning, karena bagian tersebut adalah issue yang berbeda pada device yang saya miliki.

Testing

Setelah proses solving issue selesai, sekarang kamu bisa coba buka kembali pamac manager untuk melakukan installasi atau juga update software, kamu juga bisa langsung melakukan update software melalui terminal menggunakan perintah berikut

$ sudo pacman -Syu

Penutup

Sekian pengalaman yang bisa saya bagikan, semoga bisa menjadi solusi bagi kalian yang memiliki issue yang sama. Dan jangan lupa pastikan juga koneksi internet kalian stabil karena bisa jadi koneksi menjadi salah satu faktor bahwa repo tidak dapat di download ke komputer kalan. Selamat Mencoba !

Sumber informasi : Forum Majaro Global

Tresna Widiyaman Avatar
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments