Cara Merawat Kabel Gadget Agar Tahan Lama

Saat ini seringkali kita beraktivitas tidak lepas dari berbagai macam gadget, terlebih perangkat/gadget itu sebagian dilengkapi kabel. Semisal charger laptop, smartphone, powerbank, headset/headphone, kabel terminal, kabel mouse, dll. Kita seringkali menemukan masalah rusaknya kabel-kabel gadget kita seperti terkelupas, atau putus atau terkena air, panas atau debu mengakibatkan perangkat tidak bekerja semestinya. Hal itu seringkali terjadi lantaran pemakaian dan perawatan yang kurang apik sehingga umur dari kabel gadget itu menjadi pendek. Nah, bagaimanakah perawatan dari kabel-kabel gadget itu agar umur pemakaiannya panjang alias awet? Berikut tips yang telah kami rangkum versi Warriornux.

1. Gulung Kabel dengan Rapi Ketika Gadget Tidak Digunakan

kabel digulung 2

Cara menggulungnya tergantung kreativitas pembaca, tapi intinya usahakan ujung kabel yang terhubung dengan jack, atau port agar tidak tertekuk, karena di posisi inilah tempat rawannya kerusakan. Seperti sambungan kabel terputus, dan pelastik/karet pembungkus yang robek atau lecet.

2. Simpan Gadget dengan Aman

kabel digulung

Hindari kabel dari peregangan karena tertarik, terpilin, atau tertekuk disebabkan penyimpanan yang tidak semestinya. Bungkus dan simpan kabel dengan rapi dan pastikan menggunakan wadah yang anti penyok, anti air, dan jika memungkinkan tahan panas. Sebab komponen kabel ini sangat rawan putus, atau robek dan terkelupas jika disimpan di sembarang tempat. Tidak disarangkan menyelipkan begitu saja kabel charger atau headset ke dalam wadah. Sebab materialnya didesain lunak, dan flexibel yang konsekuensinya ketahanan komponennya yang lebih kecil ketimbang komponen lain yang keras dan rigid.

3. Gunakan Alat Pelindung Khusus

pelindung kabel

Saat ini di toko-toko dijual alat pembungkus kabel. Dengan begitu kabel tidak mudah robek, putus atau lecet. Hal ini bisa meningkatkan masa pakai gadget. Sangat banyak beredar di pasaran varian model, warna, dan desainnya bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera pembaca.

4. Gunakan Gadget dengan Bijak

Jika tidak digunakan usahakan gadget tersebut dicabut dari port-nya, dan gunakan jika memang kita memerlukannya, jangan sampai lantaran kita tidak menggunakan gadget tersebut masih bekerja dari sumbernya. Hal ini pun mengakibatkan umur pemakaian komponen dalam gadget tersebut menjadi aus alias turun mesin, padahal kita tidak menggunakan, hal itu sangat disayangkan bukan?

5. Gunakan Produk yang Original

Seperti pepatah lama mengatakan ada harga ada rupa, memang mungkin menggunakan komponen yang original akan lebih mahal daripada yang KW, tapi penggunaannya bisa relatif lebih lama. Sebab komponen yang original biasanya terbuat dari bahan yang sudah teruji ketahannya, lebih ergonomis, desain yang tepat guna, dan komposisi bahan yang tepat. Sementara untuk produk KW, hanya meniru secara fisik luar dari produk original yang memang produk semacam ini harganya murah tapi konsekuensinya cepat rusak dalam pemakaian.

Artikel Terkait