Arduino IDE – error opening serial port ‘/dev/ttyusb0’ [SOLVED]

26. Arduino Error ttyUSB0 Ubuntu

Arduino IDE merupakan salah satu software developer yang mendukung untuk menulis program pada perangkat mikrokontroler berbasis arduino ataupun mikrokontroler lainnya. Aplikasi ini berjalan secara multiplatfrom (Linux, Windows, Mac).

Pada beberapa sistem operasi linux seperti ubuntu, pasti kalian pernah menemukan permasalahan pada arduino ide. Salah satunya adalah masalah error opening serial port ‘/dev/ttyusb0’ yang menyebabkan port tidak dapat terbaca dan akhirnya menyebabkan kita tidak dapat melakukan upload program.

Masalah tersebut terjadi karena user tidak memiliki hak akses untuk melakukan read and write pada port tersebut. Maka dari itu kita harus memberikan hak ases untuk user pada port /dev/ttyusb0 tersebut. Berikut merupakan cara penyelasaiannya.

sketch_mar19a | Arduino 1.8.5_245

Buka terminal linux, lalu gunakan perintah berikut :

**) Port dapat berubah sesuai dengan komputer yang digunkan seperti ttyusb0, ttyusb1, ttyusb2.

jenamonster@jenamon-PC: ~_246

Setelah tutup aplikasi Arduino IDE, lalu buka kembali aplikasi tersebut dan BOOM port sudah terbuka dan kita dapat melakukan upload program kembali ke arduino.

Baik sekian penyelesaian dari masalah port pada Arduino IDE. Jangan lupa like dan share agar banyak orang yang tahu dan belajar. Warriornux Lest Learn, Create, And Try.