Setup Desktop GUI di Instance GCP

Hallo warrior, pada pembahasan ini kita akan coba menginstallkan Desktop GUI pada sebuah Instance di GCP (Google Cloud Platfrom) sehingga kita bisa melakukan remote dengan tampilan desktop langsung.

Introduction

Seperti yang kita ketahui, bahwa ketika kita membuat sebuah instance di GCP atau di cloud platfrom lainnya rata-rata instance yang disuguhkan secara default berjalan dalam mode CLI sehingga kita hanya dapat menggunakan command line disana.

Darisana penulis berpikiran, apakah bisa sebuah instance GCP di installkan sebuah Desktop GUI ? Setelah itu penulis cari di internet dan menemukan sebuah cara untuk menginstallkannya dan melakuakan remote menggunakan aplikasi Remote Desktop.

Maka dari itu langsung kita langsung saja mencoba melakukan installasi Desktop GUI pada Instance GCP.

Persiapan

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum kita melakukan installasi adalah sebuah instance, buat sebuah instance dengan spesifikasi minimal 2 Core, 2GB RAM, 10GB HDD disini saya juga menggunakan OS Ubuntu 18.04 minimal seperti dibawah ini.

Persiapan Instance GCP

Setelah itu buka terminal SSH dari instance tersebut dan kita siap untuk melakukan installasi Desktop GUI.

Installasi

Pada tahap ini kita akan melakukan installasi Desktop GUI di GCP, desktop environment yang akan kita installkan adalah XFCE 4 agar penggunaan resources tidak begitu banyak dan berat sehingga dengan spesifikasi instance minimpun desktop ini masih bisa berjalan.

Pertama kita lakukan update terlebih dulu pada ubuntu :

Setelah selesai melakukan update, kita installkan layanan remote desktop seperti berikut.

Selesai melakukan installasi layanan remote dekstop, selanjutnya installkan DE XFCE.

Pada saat proses installasi Desktop Environment kalian akan diberikan beberapa pertanyaan setup seperti keyboard layout, keyboard machine, located dan city. Sesuaikan dengan setup dan lokasi yang kalian gunakan sendiri.

Setelah selesai proses installasi, selanjutnya restart layanan remote desktop.

Selanjutnya kita buat password root pada instance untuk kebutuhan login GUI nantinya.

lalu masukan perintah passwd dan buat passwordnya.

Password Setup

Dengan ini semua proses installasi untuk Desktop GUI di Instance GCP sudah berhasil dilakukan, selanjutnya kita akan coba melakukan remote pada instance tersebut.

Remote Desktop Instance

Pada bagian ini kita akan coba melakukan remote desktop pada instance yang sudah kita setup tadi. Disini saya menggunakan aplikasi remote Vinagre di ubuntu, kalian dapat menyesuaikan sendiri dengan aplikasi maupun OS yang digunakan.

Pertama buka aplikasi Remote Desktop, setelah itu masukan IP Public dari instace ke bagian host yang akan kita remote dan pastikan protocol yang kita gunakan adalah RDP. Setelah itu klik Connect.

Setup Aplikasi RDP

Selanjutnya akan muncul tampilan login desktop pada aplikasi remote, masukan user root dan juga password yang sudah kita setup sebelumnya lalu klik OK.

Login ke Desktop Instance

Setelah masuk kedalam OS akan muncul first start panel, disini pilih default config saja.

First start Panel

Congratulations ! dengan begini kita sudah dapat menggunakan instance dengan Desktop GUI di Google Cloud Platfrom. Selanjutnya kalian bisa menyesuaikan aplikasi apa saja yang perlu di install.

XFCE Desktop di GCP

***NOTE : Tidak banyak aplikasi default yang di install di xfce ini, bahkan seperti editor juga tidak ada sehingga kalain harus menginstallkan sendiri aplikasi kebutuhan yang akan kalian gunakan.

Kesimpulan

Kesimpulannya instance pada GCP (Google Cloud Platfrom) bisa di installkan Desktop GUI dengan OS Ubuntu 18.04 dan DE Xfce. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini kita harus menyesuaikan spesifikasi dari instance dan menginstallkan layanan remote deskrop pada instance GCP.

Artikel Terkait