Pengertian Arduino

Arduino merupakan salah satu perangkat berbasis mikrokontroler yang bersifar opensource, perangkat ini dirancang untuk mempermudah pengguna agar dapat mengembangkan setiap karyanya dibidang elektronika dan robotika. Perangkat ini sangat populer dan banyak dipergunakan karena penggunaanya yang cukup mudah dan terdapat banyak tutorial bertebaran di internet yang dapat dijadikan sebagai referensi.

Perangkat ini dibekali dengan Prosesor Atmel AVR dengan menggunakan bahasa pemrograman sendiri yang dikembangkan dari bahasa C dan di kemas dalam libraries arduino yang menjadikan bahasa pemrograman arduino ini cukup mudah untuk dipelajari. Arduino ini juga sudah dilengkapi dengan bootloader yang akan menangali program yang kita upload melalui komputer.

Selain itu Arduino dilengkapi juga dengan aplikasi yaitu Arduino IDE yang tersedia untuk Sistem Operasi Linux, Windows, dan OSX. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di situs resminya https://www.arduino.cc/en/Main/Software

Untuk harganya sendiri Arduino tersebut dibanderol dengan harga Rp. 200.000 (Arduino UNO) tergantung dengan tipe arduino yang kita butuhkan, ada juga yang menjual versi cloning dengan harga yang lebih murah yang berkisar mulai dari Rp. 100.000 (Arduino UNO)

 

Sumber :

Artikel Terkait

Latest posts by Tresna Widiyaman (see all)
Categories Uncategorized