Ayo Kita Mengenal Listrik Part-1

Kita sering mendengar kata “LISTRIK” dalam kehidupan sehari-hari, selain itu artikel-artikel di web ini beberapa membahas tentang Listrik. Sebelum kita lebih jauh berbicara tentang Listrik, ayo kita kenali dulu Apa sih Listrik itu ?, Benda seperti apakah listrik sehingga bisa se-tenar itu?

Dalam artikel ini saya coba menjelaskan listrik secara sederhana, dengan harapan dapat dipahami oleh para pembaca yang awam sama sekali terhadap ilmu listrik, saya tidak akan membahas tentang rumus, atau hal yang lebih kompleks tentang listrik, karena hal itu akan membutuhkan waktu yang lama, bahkan mungkin bisa sampai satu semeter untuk membahas itu, lagipula jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang ilmu kelistrikan, sudah banyak artikel-artikel di Internet yang berbicara tentang kelistrikan. Jadi dalam artikel ini akan dibahas secara dasar tentang listrik agar pembaca dapat memahami artikel-artikel yang akan saya tulis berkaitan dengan listrik.

Apa sih Listrik itu ?

Listrik ini sama dengan air ataupun api, sangat bermanfaat tapi jika salah menggunakannya dapat membahayakan. Listrik adalah energi yang sangat dibutuhkan oleh kita, bahkan sepertinya peralatan disekitar kita kebanyakan menggunakan energi listrik, bayangkan jika listrik padam selama berhari-hari ? ga tahan deh kayanya orang jaman sekarang hehee. Saya kutip dari Wikipedia pengertian listrik sebagai berikut :

Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Adanya listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang radio.

Bingung kan memahami nya ?  Sama saya juga bingung hehe.. tapi tidak apa apa pengertian tadi sebagai referensi saja. Secara sederhana Listrik itu adalah muatan elektron yang bergerak. ~Masih ingat kan pelajaran tentang atom di SMA ada proton, neutron dan elektron~. Nah karena listrik itu atomik maka bisa dikatakan listrik adalah sesuatu yang tidak terlihat dengan mata telanjang, namun beberapa fenomena listrik ada yang bisa dilihat oleh mata telanjang, yang paling umum terjadi adalah petir (yang merupakan loncatan elektron dari partikel listrik). Masih belum ngerti ? Ya udah ga apa apa, secara lebih sederhana Listrik adalah energi yang bisa menyalakan peralatan elektronik di rumah kita, wis mudah kan ? Nah karena Listrik adalah sebuah bentuk energi jadi listrik bisa dirubah atau dikonversikan menjadi energi lain seperti energi gerak yang bisa menggerakan kipas angin di rumah kita, energi cahaya yang bisa membuat lampu kita menyala sehingga terang benderang, energi suara sehingga kita bisa mendengar radio, dan lain-lain.

Analogi Listrik dengan Air

Karena listrik tidak terlihat sulit kita membayangkan bagaimana sih listrik itu bisa mengalir dan ada apa sajakah dalam listrik itu, fenomena apa saja yang terjadi. Untuk memudahkan itu mari kita analogikan antara listrik dengan air. Aliran air yang mengalir dalam pipa analoginya seperti aliran elektron dalam listrik atau arus listrik. Tekanan yang dapat menyebabkan air mengalir analoginya dengan tegangan listrik. dan besarnya daya dorong air yang keluar dari pipa sama analoginya dengan daya listrik atau power.

Ukuran pipa sama dengan ukuran penghantar listrik (konduktor listrik). Dan keran air yang mengatur besarnya aliran air analoginya dengan pengatur hambatan (variable resistance) dalam rangkaian listrik. Air mengalir dari tekanan yang lebih tinggi menuju tekanan yang lebih rendah. Dan analoginya untuk listrik, arus listrik yang merupakan perpindahan elektron bergerak dari tegangan yang lebih tinggi menuju tegangan lebih rendah.

Listrik hanya mengalir melewati medium penghantar yang disebut konduktor. Suatu Material disebut konduktor bila mengandung unsur yang dapat dialiri elektron seperti besi, tembaga bahkan air. Material yang berlawanan dengan konduktor disebut dengan isolator, yaitu unsur yang bisa menahan aliran arus listrik, isolator mengandung unsur-unsur seperti karet, plastik, kertas, kain, dan lain sebagainya.

Fenomena Kesetrum

Apa sih “kesetrum” itu? kesetrum adalah dimana kita merasakan “jrejet” akibat kita teraliri oleh arus listrik. Tubuh manusia dominannya terdiri dari air yang merupakan penghantar listrik. Jadi saat kita tersentuh kabel listrik yang sedang dialiri arus listrik, dan kaki kita tidak memakai alas karet atau plastik, maka listrik tersebut akan mengalir melewati tubuh kita. Itu jika kaki kita menyentuh tanah (lantai atau alas apapun), tetapi jika kita memakai alas kaki yang mempunyai sifat isolator maka kita tidak akan kesetrum karena tidak menyentuh tanah.

Satuan dalam Listrik 

Satuan-satuan listrik yang paling umum kita gunakan sehari-hari adalah :

  1. Tegangan listrik (voltage)* dalam satuan volt (V)
  2. Arus listrik (current) dalam satuan ampere (A)
  3. Frekuensi (frequency) dalam satuan Hertz (Hz)
  4. Daya listrik (power) dalam satuan watt (W) atau volt-ampere (VA)
  5. energi listrik dalam satuan watt-hour(wH) atau kilowatt-hour (kwH).

Tegangan dan Arus Listrik

Tegangan listrik adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Suatu instalasi listrik atau peralatan listrik jika sudah dihubungkan dengan sumber listrik (salah satunya di rumah adalah stop kontak atau colokan) tanpa di bebani (ada peralatan listrik yang menyala) maka instalasi atau peralatan tersebut sudah bertegangan, namun tidak ada arus nya, arus muncul jika suatu instalasi tersebut sudah dibebani.

Nah ini untuk permulaan pengenalan listrik jilid pertama, selanjutnya akan dilanjutkan ke jilid kedua di artikel berikutnya. Kita penggal agar pembaca tidak bosan membaca artikel yang penuh tulisan ini. Stay tune di artikel selanjutnya ya kawan-kawan. Nih alamat artikel part-2 bisa di buka disini.

Artikel Terkait

Latest posts by Ramdan Febriana (see all)