Mengenal MIT App Inventor – Membuat Aplikasi Android dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas mengenai salah satu web aplikasi yang dapat membantu membuat aplikasi android untuk pemula. Disini kita akan menggunakan software MIT App Inventor, software berbasis block code yang memungkinkan kita untuk membuat aplikasi android sederhana tanpa coding.

Logo MIT App Inventor
Logo MIT App Inventor

MIT App Inventor merupakan web aplikasi berbasis opensource yang awalnya dikembangkan oleh Google dengan nama App Inventor for Android atau Google App Inventor dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) sehingga namanya menjadi MIT App Inventor.

Web Aplikasi ini memungkinkan kita untuk membuat aplikasi android dengan mudah hanya dengan melakukan drag and drop komponen yang akan kita gunakan dan membuat beberapa program, maka kita sudah bisa membuat aplikasi android sederhana.

Perlu diketahui, MIT App Inventor ini memiliki fitur code block programming yang memungkinkan kita untuk membuat aplikasi android tanpa coding. Kita hanya perlu memindahkan beberapa block logika sesuai dengan apa yang kita akan buat seperti menyusun sebuah puzzle saja.

Mengakses Web Aplikasi

Untuk mengakses halaman MIT App inventor, kalian hanya perlu menuju alamat berikut http://appinventor.mit.edu/ Maka kita akan diarkan ke alamat aplikasi webnya seperti berikut.

Web MIT App Inventor
Web MIT App Inventor

Untuk melanjutkan masuk kedalam aplikasi, kita pilih tombol Create apps! seperti gambar yang ditunjukan diatas. Setelah itu akan muncul tab baru yang mengarahkan kita untuk login ke akun Gmail seperti dibawah ini.

Login MIT App Inventor
Login MIT App Inventor

Setelah login, kita akan langsung diarahkan ke dashboard project di MIT App Inventor. Untuk membuat sebuah project aplikasi baru, kita hanya perlu klik di tombol Start new project seperti dibawah ini.

Dashboard Project MIT App Inventor
Dashboard Project MIT App Inventor

Selanjutnya berikan nama pada project yang akan kita buat.

Memberi nama project
Memberi nama project

Setelah itu kita akan diarahkan kedalam aplikasi MIT App Inventor untuk mendesain dan membuat aplikasi android yang kita inginkan. Disini kita bisa berkreasi dengan men-drag komponen yang ada disamping kedalam workspace yang kita miliki.

Workspace Project Aplikasi di MIT AI
Workspace Project Aplikasi di MIT AI

Baiklah, berikut sudah kita paparkan pengenalan mengenai MIT App inventor yang merupakan web aplikasi untuk membuat aplikasi android bagi pemula dengan menggunakan code block programming, juga mengenai cara mengakses web aplikasi tersebut.

Pada pembahasan berikutnya, kita akan membahas cara membuat aplikasi android sederhana dengan MIT App Inventor. Menurut kalian aplikasi apakah yang harus dibuat pada tutorial selanjutnya ? Kalian bisa rekomendasikan di kolom komentar

Terimakasih.

Sumber :
Wikipedia id, App Inventor edu, Codepolitan, Nugasdisini.