Pengertian Server dan 5 Macam Jenis Server Yang WAJIB kamu ketahui !

Pengertian Server

Apa kamu tahu kalau sebenarnya saat kamu meng-upload sebuah foto ke Facebook, foto tersebut akan disimpan di dalam sebuah perangkat komputer yang selalu stand by 24/7? Berikut akan kita bahas tentang Pengertian Server dan Jenis-Jenisnya.

PENGERTIAN SERVER

Apa sih yang dimaksud server itu?

Saat kita meng-upload foto kita ke jejaring sosial, foto itu akan ditransfer ke sebuah perangkat penyimpanan data yang sangat besar, yang biasa kita sebut itu server. Itu sebabnya, disaat kita logout dari aplikasi jejaring sosial kita dan kita coba login kembali, foto itu masih tetap ada.

Itu contoh sederhana dari penggunaan sebuah server. Server yang peranannya sebagai pusat data dan informasi, ini sangat dibutuhkan oleh client, disaat client mengirimkan permintaan kepada server, maka tugas server yaitu, memberikan data atau informasi yang di minta oleh client.

Jika dihubungkan dengan contoh sederhana tadi, maka kita seorang pengguna jejaring sosial disebut dengan client. Dan tempat penyimpanan foto kita (jejaring sosial), itu yang disebut dengan server.

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan atau sebuah service tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server yang dimaksudkan disini adalah salah satu sistem komputer dengan memberikan layanan/service dengan mengontrol atau mengatur jalan masuk atau akses pada sebuah komputer/klien.

Sebuah server umumnya membutuhkan spesifikasi yang sangat tinggi, ini dimaksudkan agar lalu lintas data dapat berjalan dengan optimal. Dan sebuah operting system server juga harus diperhatikan, sebagai contoh sistem operasi server yang sangat populer adalah Ubuntu Server.

pengertian server

JENIS-JENIS SERVER

Berikut adalah beberapa jenis server yang paling umum digunakan hingga saat ini, yaitu :

  • PROXY SERVER

Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien, seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya.

Dengan memakai Proxy Server, jaringan yang kita gunakan akan semakin aman, karena saat kita meminta/request kepada server tujuan (A), maka jaringan kita tidak akan langsung ke server tujuan (A). Tetapi akan melewati komputer lain (X), sebelum akhirnya sampai ke server tujuan (A).

  • MAIL SERVER

Mail Server (server email) adalah sebuah sistem komputer yang mengirim (send) dan menerima (receive) email.

Dalam banyak kasus, server web dan server email digabungkan dalam satu mesin. Namun, ISP besar dan layanan email publik (seperti Gmail dan Hotmail) dapat menggunakan perangkat keras khusus untuk mengirim dan menerima email.

  • WEB SERVER

Server web dapat dinyatakan pada hardware ataupun software yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas data-data yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna (client) dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti web browser.

  • FTP SERVER

FTP server berperan sebagai komputer yang menerima request tukar – menukar data dari komputer client. FTP client (komputer klien) berperan sebagai komputer yang me-request kepada FTP server untuk melakukan tukar – menukar data.

Jaringan FTP ini sangat sederhana, karena ‘kesederhanaan’-nya itu FTP sangat rentan akan pencurian data yang akan kita upload ke FTP server, sebab kita hanya memerlukan otentikasi username dan password yang telah kita daftarkan sebelumnya.

  • APPLICATION SERVER

Application server adalah kerangka kerja software yang menyediakan kedua fasilitas yaitu, untuk membuat web server dan environment server untuk menjalankannya.

Namun, banyak application server yang menargetkan lebih dari sekadar pembuatan halaman web. Mereka menerapkan layanan seperti pengelompokan, kegagalan (fail-over), dan penyeimbangan beban (load-balancing), sehingga pengembang dapat fokus pada penerapan logika bisnis.