Mengenal Alldeb – Cara Baru Install Software Aplikasi Offline di Ubuntu

Kamu pasti sudah sangat tidak asing dengan format file yang ber-ekstensi .exe di sistem operasi Windows kan? Dimana sebuah metode yang memungkinkan kita menginstal dalam satu file saja (.exe) dan tidak usah repot-repot untuk menghubungkan komputer/laptop ke internet.

Mengenal Alldeb

Sebelum kita membahas bagaimana cara menginstal alldeb dan juga mempraktekan bagaimana cara menggunakan alldeb, yang akan kita coba dengan menginstal sebuah aplikasi yang paling populer di sistem operasi linux, khususnya Debian/Ubuntu.

Jadi artikel ini akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

  1. Penganalan tentang Alldeb (Artikel yang sedang kamu baca sekarang ini)
  2. Cara menggunakan Alldeb (Atikel kedua)

Dan akan diurutkan sebagai berikut :

  • Mengenal Alldeb, apa itu Alldeb?
  • Tujuan Alldeb, apa tujuan dari project Alldeb ini?
  • Cara Menginstall Alldeb Manager.
  • Cara Menggunakan Alldeb Webmaker. (dibagian kedua)
  • Cara Menggunakan Alldeb Manager atau contoh menginstall aplikasi dengan Alldeb Manager. (dibagian kedua)
  • Contoh Aplikasi Populer Yang Dapat Diinstal Menggunakan Alldeb. (dibagian kedua)

Ini memungkinkan untuk para pembaca agar tidak lelah mata dengan membaca artikel yang cukup panjang dan juga akan meringankan beban internet yang sedang kamu buka di browser, sebab di artikel kedua akan sangat banyak gambar-gambar penjesalan mengenai bagaimana cara menggunakan alldeb tersebut, gambar tersebut akan memudahkan kamu dalam mempraktikannya nanti.


apa itu Alldeb?

Alldeb adalah sebuah metode installasi aplikasi di OS GNU/Linux berbasis Debian/Ubuntu. Seperti yang sudah saya singgung di atas tadi, bahwa program ini bisa dibilang .exe nya GNU/Linux. Tapi jangan kaget dulu, ekstensi yang digunakan alldeb bukanlah .exe milik Windows, melainkan .alldeb yang dikhususkan untuk sistem operasi GNU/Linux untuk keterununan Debian/Ubuntu.

Alldeb dibuat oleh seorang kelahiran Yogyakarta bernama Nifa Dwi Kurniawan atau yang lebih dikenal Nif Kuniawan. Dia adalah seorang yang memiliki ketertarikan dalam bidang IT khususnya GNU/Linux, administrasi server, pemrograman, arduino, web dan jaringan.

Seperti yang dia tulis dalam sebuah komentar di halaman situs resmi alldeb. Dia menuliskan project alldeb ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 2013 disebuah forum bernama Ubuntu Indonesia. Awal project ini dibuat, masih berupa script sederhana yang diberi nama alldeb_maker dan alldeb_user.

Seiring waktu sang developer memperbarui dan mencoba membuatkan antarmuka grafis (GUI). Dia membuat antarmuka grafis menggunakan aplikasi bernama FLTK atau dibaca fulltick yang dibangun oleh bahasa pemrograman c++.

Design antarmuka grafisnya (GUI) sangatlah sederhana, yakni hanya dengan memanggil terminal untuk melakukan pengolahan yang telah diminta oleh penggunanya. Dengan membuat antarmuka grafis ini tidak ada kendala dan berjalan dengan baik.

Selang tak lama setelah Nif Kurniawan membuat antarmuka grafis sederhananya itu, salah satu teman forumnya ternyata tertarik juga untuk membuatkan antarmuka grafis untuknya. Teman forumnya bernama Badwi (yang tertulis di kolom komentar situs alldeb), beliau menggunakan bahasa pemprograman c++ dan Qt, itulah yang kemudian akan disebut Alldeb Installer.

Antarmuka grafis yang dibuat oleh teman forumnya itu, dinilai sangat bagus, tampilannya yang cantik dan juga memiliki sebuah ‘terminal’-nya sendiri, sehingga tidak perlu repot-repot memanggil terminal terpisah.

Namun ada kendala yang membuat sang developer (teman forumnya) tidak melanjutkan program antarmuka grafis yang sudah dibuatnya itu, yakni kegagalan untuk mengolah paket-paket yang menggunakan debconf.

Sayangnya, Nif Kurniawan pada saat itu tidak memahami toolkit Qt yang pada akhirnya project antarmuka grafisnya itu tidak dilanjutkan karena belum menemukan cara untuk memperbaiki bug-nya tersebut.

Dan pada akhirnya di tahun 2016 Nif Kurniawan memiliki ide untuk membenahi lagi project alldeb dengan mengembangkannya menjadi aplikasi berbasis web (alldeb.net).

Jadi untuk script alldeb_maker ia kembangkan menjadi Alldeb Webmaker, sedangkan script alldeb_user berubah nama menjadi Alldeb Manager. Alldeb Manager ini memakai GUI yang dikembangkan pertama kali oleh Nif Kurniawan, yakni menggunakan GUI FLTK sederhananya itu.

Lalu, apa tujuan dari project alldeb ini?

Alldeb ini adalah sebuah program open source, dimana siapapun dapat ikut mengembangkan program yang sudah ada dengan menulis ulang kode dan memperbaiki bug yang dirasa akan sangat mengganggu berjalannya aplikasi, untuk nantinya dirilis versi terbarunya di laman alldeb.net.

Sebagaimana kita ketahui, Ubuntu menggunakan sistem manajemen paket APT dimana aplikasi terpisah dalam paket-paket kecil yang disimpan dalam repository. Sistem seperti ini memiliki banyak keuntungan, namun juga memiliki kelemahan, yaitu diperlukannya koneksi internet ke repository untuk memperoleh semua dependensi terkait. Dengan demikian, pengguna yang komputernya tidak memiliki koneksi internet, akan mengalami kendala karena kesulitan memperoleh dependensi yang dibutuhkan. (dikutip dalam laman resmi alldeb.net)

Dengan alldeb ini, kamu dan teman-teman kamu yang terkendala dengan akses internet dapat menginstal aplikasi tanpa harus memerdulikan koneksi (seperti halnya menginstal menggunakan apt get install atau pergi ke software center). Kamu hanya perlu membuat file di situs resminya sekali dan bisa kamu sebarkan ke teman-teman kamu yang sama-sama terkendala internet.

Kamu dapat membuat file nya dengan meminjam hotspot, pergi ke warnet, atau pun menggunakan wifi publik, hanya dalam satu waktu dan file tersebut dapat digunakan kembali semisal kamu membutuhkannya.

Ini juga dapat bermanfaat jika kamu baru saja migrasi dari sistem operasi selain GNU/Linux misalnya Windows, yang terbiasa menginstal menggunakan ekstensi .exe kamu juga dapat melakukannya di OS GNU/Linux khususnya untuk keturunan Debian/Ubuntu.


Cara Installasi Alldeb Manager

1. Download file installer Alldeb Manager di situs alldeb.net atau (klik sesuai arsitektur OS kamu 32-bit/i386  atau 64-bit/amd64) versi 1.3

2. Sesudah kamu download, bukalah terminal pada komputer yang akan di install Alldeb Manager.

Install Alldeb Manager
Install Alldeb Manager

3. Setelah terminal terbuka, arahkan directory folder ke tempat kamu menyimpan file Alldeb yang tadi sudah di download sebelumnya.

Kamu bisa menggunakan perintah cd. Contoh, pada tutorial kali ini file disimpan di directory Downloads (pada gambar diatas dapat dilihat yang ditandai warna kuning), maka perintah yang digunakan adalah cd Downloads.

Membuka terminal
Membuka terminal

4. ketik perintah berikut untuk melakukan installasi alldeb manager :

lalu masukkan password root komputer kamu, dan tunggu beberapa saat hingga proses installasi selesai.

Tahap Installasi Alldeb Manager
Tahap Installasi Alldeb Manager

5. Setelah selesai, Alldeb Manager sudah dapat kamu pakai.

Proses Installasi Alldeb Manager
Proses Installasi Alldeb Manager

Dengan ini, kamu sudah dapat membuka aplikasi Alldeb Manager dengan mencarinya di launcher. Untuk melanjutkan tutorial ini, kamu dapat mengakses artikel selanjutnya yang berjudul Install Aplikasi Offline di GNU/Linux Ubuntu dengan Alldeb.