Macam Macam Jenis Keluarga ESP8266

ESP8266 merupakan modul wifi yang berguna sebagai alat komunikasi untuk alat berbasis mikrokontroler (Arduino, RaspberryPi, dll), selain itu modul ini berbasis SOC (Single on Circuit) yang menjadikan perangkat ini dapat juga digunakan tanpa bantuan mikrokontroler lain (Baca juga : Pengertian Modul WiFi ESP8266).

Modul ini memiliki keluarga dimana terdapat macam-macam tipe ESP8266 yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan penggunaanya. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai macam macam jenis ESP8266 tersebut yang sudah kami rangkum sebagai berikut.

1. ESP8266 Module Series

Macam macam esp8266

Pada bagian pertama ini dapat kalian lihat berbagai macam model dari modul ESP8266, mulai dari esp-01 sampai dengan esp-14. Semua seri diatas hanyalah modul saja dan tidak dilengkapi dengan board tambahan sehingga kita harus membuat boardnya sendiri. Selain itu modul ini memiliki kekurangan, kelebihan, dan fungsinya masing masing yang dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan.

2. Wemos

wemos esp8266

Pada bagian kedua ini adalah wemos, perbedaan perangkat ini dengan esp8266 series sebelumnya terdapat pada bagian board. perangkat ini sudah embeded dengan board dan usb uart, sehingga kita tidak perlu repot memasangkan board lagi dan menyediakan usb loader untuk upload program pada persangkat ESP8266 tersebut.

3. NodeMCU

NodeMCU esp8266

Perangkat ketiga ini adalah NodeMCU, gambar yang dipaparkan diatas adalah NodeMCU V3 Lolin yang merupakan unofficial dari perangkat itu sendiri (karena official hanya sampai v2). Keistimewaan perangkat ini tidak berbeda jauh dengan Wemos, hanya saja perangkat ini lebih detail dan boardnya lebih nyaman untuk digunakan. ESP yang terpasang pada perangkat ini menggunakan ESP-12E.

4. ESPDuino

espduino

Yang terakhir adalah ESPduino, selintas terdengar seperti campuran esp dan arduino. Akan tetapi kenyataannya ini merupakan perangkat esp8266 yang boardnya didesain sehingga memang mirip dengan perangkat arduino, meskipun begitu perangkat ini tetap saja original esp8266 tanpa ada chip tambahan dari arduino uno. Secara fungsi perangkat ini sama saja dengan Wemos dan NodeMCU.

Sekian pembahasan mengenai macam-macam jenis ESP8266, semoga artikel ini bisa membantu dan menambah pemahaman kawan kawan semua. Jangan lupa bagikan agar banyak orang yang tahu. Warriornux Learn, Create, And Try 🙂