Komunikasi Arduino UNO Menggunakan Modul WiFi ESP8266

1. Skematik Komunikasi Arduino dengan ESP8266

Hai Warrior, Setelah beberapa artikel sebelumnya yang membahas mengenai ESP8266 hingga membuat komunikasi antar perangkat secara SOC maka kali ini kita akan membahas tentang perangkat ESP8266 yang hanya dijadikan sebagai jembatan komunikasi saja. (Baca Juga : kumpulan tutorial ESP8266).

Maka dari itu kita akan membahas mengenenai setting komunikasi Arduino UNO menggunakan modul ESP8266. Jadi disini Arduino tersebut berperan sebagai kontrol yang akan mengatur komunikasi dan interaksi yang akan terjadi, sedangkan ESP8266 hanya akan menjadi jembatan komunikasi yang nantinya akan mengirim maupun menerima perintah dari ke Arduino. Sehingga arduino dapat menjalankan perintah seperti yang kita inginkan.

Berikut beberapa perangkat yang harus disiapkan :

  1. Arduino UNO
  2. ESP8266 (Semua Varian)
  3. Kabel Jumper
  4. Protoboard/projectboard

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rangkain seperti skema berikut ini :

1. Skematik Komunikasi Arduino dengan ESP8266

Setelah itu tulis sketch program seperti berikut ini :

Setelah program berhasil di upload, buka serial monitor lalu coba ketikan beberapa perintah AT Command untuk ESP8266. Jika muncul balasan maka ESP8266 sudah dapat dikontrol melalui Arduino UNO dan komunikasi sudah dapat dibuat.

Berikut merupakan demo hasil percobaan tersebut :

Sekian merupakan tutorial komunikasi Arduino UNO menggunakan modul WiFi ESP8266, jangan lupa follow, like, subscribe media kami dan bagikan artikel ini kepada kawan kalian agar semakin banyak yang belajar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.