ESP8266 Arduino IDE – WiFi Station Mode

esp8266stationmode

Pada pembahasan Sebelumnya kita membahas mengenai membuatan Access Poin Hotspot Mode pada ESP8266. Kali ini kita akan membahas mengenai membuat WiFi Station Mode ESP8266 pada Arduino IDE. Jadi nantinya perangkat ESP8266 kita akan dapat terhubung dengan Access Point Router yang sudah kita setting sebelumnya.

Berikut merupakan Script yang digunakan untuk membuat WiFi Station Mode pada ESP8266 :

Sebelum melakukan upload, pastikan terlebih dahulu library ESP8266 sudah terpasang pada Arduino IDE. Apabila belum, kamu dapat mengikuti intruksi dari artikel berikut : Menambahkan Library ESP8266 pada Arduino IDE

Sesuaikan pengaturan pada board diubah menjadi ESP8266 Generic seperti gambar dibawah ini. Setelah itu upload program ke ESP8266 dan tunggu hingga hingga selesai.

              Screenshot (23)    Screenshot (24)

Setelah proses selesai maka hasilnya dapat kita lihat pada serial monitor Arduino IDE, apabila muncul titik pada layar itu tandanya wifi belum ditemukan. indikator konek pada wifi akan ditandai dengan munculnya report WiFi connected diikuti dengan IP Address yang didapatkan pada layar serial monitor.

Screenshot (25)
Hasil Modul ESP8266 Connect pada perangkat Access Point

Sepintas memang program yang digunakan pada station mode ini hampir mirip dengan pembuatan hotspot, hanya ada beberapa script indikator yang memang berbeda dari kedua program tersebut. Baiklah semoga tutorial ini bermanfaat dan jangan lupa untuk bagian pada kawan kawanmu 😀