ESP8266 Arduino IDE – Client Server Communication “Hello Word”

esp8266clientserver

Pada Pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai komunikasi dua buah perangkat modul ESP8266, dimana salah satu perangkat akan kita buat sebagai client dan satunya lagi akan dibuat menjadi server. Jadi nantinya client tersebut akan terhubung dengan Hotspot yang sudah dibuat oleh server.
(Baca Juga : Membuat AP/Hotspot Mode ESP8266 dan WiFi Station Mode ESP8266)

Hasil dari percobaan ini nantinya client tersebut dapat berkomunikasi dan mengirimkan data kepada server berupa sebuah teks “Hello Word” yang dapat dilihat pada serial monitor.

Berikut merupakan script yang akan kita gunakan untuk perangkat esp8266 client :

Berikut merupakan script yang akan kita gunakan untuk perangkat esp8266 Server:

Sebelum melakukan upload, pastikan terlebih dahulu library ESP8266 sudah terpasang pada Arduino IDE. Apabila belum, kamu dapat mengikuti intruksi dari artikel berikut : Menambahkan Library ESP8266 pada Arduino IDE

Sesuaikan pengaturan pada board diubah menjadi ESP8266 Generic seperti gambar dibawah ini. Setelah itu upload program ke ESP8266 dan tunggu hingga hingga selesai.

           Screenshot (23)   Screenshot (24)

Setelah kedua perangkat kita masuki progam, maka kita dapat melihat hasilnya pada serial monitor. berikut merupakan hasil dari kedua perangkat tersebut.

Screenshot (28)
Hasil dari ESP8266 Client
Screenshot (27)
Hasil dari ESP8266 Server

Dari kedua hasil berikut dapat kita lihat ESP8266 Client terhubung dengan AP/Hotspot dari ESP8266 Server, setelah client tersebut terhubung maka data yang berupa “Hello Word” dikirimkan kepada ESP8266 Server secara terus menerus. Sedangkan pada ESP8266 Server akan menunggu data yang dikirim oleh client, apabila ada data yang dikirimkan maka Server akan membuat komunikasi baru dan menerima data tersebut sehingga data dapat ditampilkan pada serial monitor.

Baiklah semoga tutorial ini bermanfaat dan jangan lupa untuk bagian pada kawan kawanmu 😀