6 Software Simulasi Skema Rangkaian Elektronika Terbaik Versi Warriornux

skemarangkaian

 

Komponen elektronika adalah komponen yang paling kompleks dan sensitif, tak jarang terjadi kerusakan apabila komponen yang digunakan tak seuai semestinya, misalkan kelebihan daya, arus, short, dll. Selain itu tidak semua komponen ataupun perangkat elektronika dapat dijumpai dan dibeli dengan mudah, salah satu contohnya adalah osiloskop, spektrum analizer, function generator, dll.

Maka dari itu software simulasi dapat membatu proses merancang rangkaian elektronika sebelum dipatenkan langsung pada komponen. Bukan hanya itu, kitapun dapat menggunakan perangkat elektronika yang tidak dapat kita jangkau (beli dan dijumpai) seperti halnya osiloskop dalam software simulasi tersebut.

Baiklah, pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja software yang dapat digunakan untuk simulasi skema rangkaian elektronika, yang dapat dibagi menjadi 5 macam software sebagai berikut :

1. LiveWire

LiveWire merupakan aplikasi simulasi rangkaian elektronika yang mudah digunakan, khususnya bagi pemula yang baru belajar elektronika. Dalam aplikasi ini sudah disediakan komponen komponen dasar seperti resistor, kapasitor, op amp, dll. Dengan begitu kita dapat merangkai skema yang akan kita buat (misalkan rangkaian RLC) lalu mensimulasikannya, sehingga kita dapat melihat arus yang mengalir pada rangkaian tersebut. Aplikasi ini sudah saya ujicoba pada saat masa kuliah (mata kuliah elektronika dasar) dan memang mudah untuk digunakan.

2. Electronics Workbench (EWB)

Electronics Workbench atau yang sering dikenal dengan EWB merupakan aplikasi yang tidak jauh berbeda dengan LiveWire. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, ditambah dengan beberapa feature yang lebih lengkap seperti adanya simulasi osiloskop, spektrum analizer, dan function generator. Aplikasi ini juga sudah saya coba pada saat masa kuliah (mata kuliah pengolahan sinyal digital) dan memang sangat memudahkan untuk mensimulasikan rangkaian seperti penyerarah setengah gelombang.

3. NI Multisim

NI Multisim merupakan aplikasi yang masih satu pengembangan dengan EWB, bisa dikatakan aplikasi ini adalah pengembangan versi terbaru yang lebih lengkap dari versi EWB yang sebelumnya. Aplikasi ini dilengkapi dengan komponen-komponen yang memiliki fungsi yang sama dengan aslinya, begitupun dengan perangkat elektronika seperti osiloskop, function generator, spektrum analizer, dll.

4. Fritzing

Fritzing merupakan aplikasi berbasis free software yang dapat kita unduh secara gratis. Aplikasi ini berfungsi untuk membuat sebuah skema rangkaian elektronika secara nyata (real) Karena komponen yang berada pada rangkaian tersebut digambarkan dengan sangat mirip dengan komponen aslinya. Aplikasi ini tidak hanya dilengkapi dengan skema rangkaian yang sangat baik, banyak fitur lainnya yang dapat kita coba seperti PCB layout dan programming Arduino langsung pada aplikasi ini. Sayangnya aplikasi ini hanya dapat membuat skema saja, kita tidak dapat melakukan simulasi pada rangkaian yang sudah kita buat. FYI aplikasi ini juga kami gunakan untuk menggambarkan rangkaian pada setiap artikel yang kami tulis.

5. Autodesk Circuits

Autodesk Circuits merupakan aplikasi berbasis online, jadi apabila ingin menggunakan aplikasi ini, kita harus terhubung pada jaringan internet terlebih dahulu. untuk menggunakannya kamu dapat mengunjungi halaman Autodesk Cirtuits berikut. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini memang beragam diantaranya Electronics Lab, PCB Design, Library Manager, Circuit Scribe, dan Eagel. Aplikasi ini sangatlah wajib untuk dicoba, skema rangkaian pada aplikasi ini dibuat hampir sama dengan Fritzing, ditambah rangkaian tersebut bisa kita simulasikan langsung seperti Arduino, ESP8266, dll. Akan tetapi komponen yang berada pada librarynya memang terbatas, jadi tidak semua komponen bisa kita coba disana.

6. Proteus ISIS

Proteus ISIS merupakan aplikasi yang saat ini menjadi yang terbaik dan paling direkomendasikan, selain dari library komponen yang lengkap dan bahkan bisa kita tambakan, aplikasi ini juga dapat mensimulasikan semua rangkaian yang kita buat, aplikasi ini dilengkapi dengan text editor yang bisa kita gunakan untuk programming mikrokontroler. Kita juga dapat melakukan PCB layout pada rangkaian yang sudah kita buat, sehingga setelah kita membuat rangkaian untuk disimulasikan dan ternyata berhasil, kita dapat langsung merancangnya untuk di print pada layout PCB. Seperti misalnya rangkaian minimum sistem ATmega 3585. Aplikasi ini sudah sudah saya coba pada masa kuliah (mata kuliah sistem miktokontroler) dan memang sangat mudah dan maksimal pada penggunaannya.

Baiklah, sekian dari beberapa aplikasi simulasi skema rangkaian elektronika yang kalian bisa coba dirumah, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kawan kawan pada pekerjaannya masing masing. Jangan lupa share dan like sosial media kita. See You The Next Time 😀